6 August 2015

by Oki Rosgani

Dua Varian Samsung Galaxy Tab S2 Resmi Meluncur di Korea

Di sela-sela persiapannya acara Unpacked Event yang akan digelar pada tanggal 13 Agustus 2015 mendatang, Samsung meluncurkan sejumlah perangkat tablet teranyar mereka di negara asalnya, Korea Selatan. Produk tersebut adalah jajaran perangkat tablet Galaxy Tab S2 yang hadir dalam dua ukuran layar berbeda.

Sebelumnya atau tepatnya pada tangal 20 Juli kemarin, Samsung memang telah merilis resmi kehadiran dua tablet teranyarnya ini dan kedua perangkat tersebut akan tersedia untuk pasar Korea pada tanggal 11 Agustus nanti.

Dari namanya, Samsung Galaxy Tab S2 9.7 dan Galaxy Tab S2 8.0, bisa ditebak bahwa masing-masing dari tablet itu memiliki ukuran layar 9.7 inci dan 8 inci, dimana ukuran ini memiliki kesamaan dengan ukuran layar yang diusung oleh perangkat tablet Apple iPad dan iPad Mini.

Info Menarik: Lebih dari 18 Persen Perangkat Android Sudah Jalankan Lollipop

Kedua tablet besutan Samsung ini digadang-gadang akan menjadi perangkat tablet tertipis karena memiliki ketebalan hanya 5.6 mm dengan berat hanya 392 gram untuk tablet Galaxy Tab S2 berlayar 9.7 inci, sedangkan untuk versi tablet dengan layar berukuran 8 inci hanya akan memiliki bobot 272 gram saja. Kedua tablet tersebut dibalut dengan bahan logam ringan sehingga menambah sentuhan premium dan elegan.

Untuk layarnya, pihak Samsung telah menjejalkan layar Super AMOLED pada kedua tablet Galaxy Tab S2 ini, yang diklaim mampu menampilkan keakuratan warna 94 persen dari standar warna Adobe RGB dengan dukungan resolusi layar 2048 x 1536 QXGA.

Selain itu layarnya juga memiliki fitur Adaptive Display untuk menyesuaikan tingkat gamma, saturasi dan ketajaman layar untuk beradaptasi secara otomatis dengan kondisi pencahayaan disekitarnya. Ada juga fitur Reading Mode, dimana kondisi pencahayaan layar juga akan menyesuaian agar pengguna bisa nyaman membaca teks pada perangkat tablet ini dalam waktu lama.

Di sisi spesifikasi, kedua perangkat tablet Galaxy Tab S2 ini diotaki dengan prosesor octa-core besutan Samsung sendiri yang terdiri dari chipset quad-core 1,9 GHz dan chipset quad-core 1,3 GHz, dijejali dengan RAM 3GB serta kapasitas penyimpanan internal sebesar 3GB. Sementara untuk koneksinya kedua perangkat tablet ini dilengkapi dengan kemampuan untuk terhubung dengan jaringan LTE Cat 6.

Selain itu terdapat sensor pemindai  sidik jari sebagai tambahan fitur keamanan serta dua buah kamera, dimana kamera utama dengan sensor 8 megapiksel berada dibagian belakang dan kamera 2.1 megapiksel berada di bagian depan. Baterai yang disematkan, Galaxy Tab S2 9.7 menggunakan baterai dengan kapasitas 5.870 mAh sedangkan varian tablet dengan layar berukuran 8 inci ditenagai dengan baterai berkapasita 4.000 mAh.

Info Menarik: Berkreasi dengan Cokelat Bersama Choc Creator 2.0 Plus

Hal menarik lain yang ada pada perangkat tablet ini adalah, tersedianya sejumlah aplikasi pre-loaded yang  siap digunakan oleh pengguna seperti aplikasi Microsoft Office dan sejumlah aplikasi yang disesuaikan untuk pengguna lokal seperti Travallon, Pooq, Edu ON dan Papergarden.

Rencananya, kedua perangkat tablet ini akan segera hadir di pasar Korea pada tanggal 11 Agustus mendatang, Galaxy Tab S2 9.7 inci akan ditawarkan dengan harga 719.000 won atau setara dengan US$ 612, sedangkan versi 8 inci akan ditawarkan dengan harga 599.000 won atau setara dengan US$510 per unitnya. Akan ada pula paket lengkap untuk tablet Galaxy Tab S2 9.7 yang disertai dengan aksesoris keyboard tambahan, ditawarkan dengan harga 799.000 won atau setara dengan US$ 680.

Sayangnya belum ada kabar kapan kedua perangat tablet Galaxy Tab S2 ini akan hadir menyapa pengguna di tanah air. Namun pihak Samsung sepertinya tidak akan begitu saja melupakan Indonesia yang memiliki pangsa pasar menarik, jadi mungkin akan tersedia pula versi untuk pasar Indonesia, mari kita tunggu saja.Sumber: SammyHub | Gambar Header: Samsung