Gadget

DUBS Acoustic Filters, Pelindung Telinga Pintar untuk Menikmati Konser

Kemampuan pendengaran masing-masing individu berbeda-beda. Namun seiring bertambahnya umur, indera pendengaran kita akan memburuk karena berbagai faktor.

Salah satu faktor yang dimaksud adalah suara dengan volume keras. Saya rasa kita semua tahu bahwa volume keras adalah musuh utama kesehatan pendengaran. Namun apa daya, terkadang volume keras itu enak.

Konser contohnya. Hampir semua konser yang dihelat selalu berisik, tidak peduli genre musik yang dibawakan, dan kita mau tidak mau harus mengorbankan kesehatan pendengaran demi menikmati jalannya konser.

Dampak dari volume keras terhadap kualitas pendengaran umumnya tidak terasa secara langsung, melainkan dalam jangka panjang. Karena itu, menjaga kesehatan pendengaran sangatlah penting jika kita ingin terus menikmati konser hingga di usia tua nanti.

Menutup telinga adalah cara paling efektif guna menjaga kesehatan pendengaran. Tetapi hal ini tidak mungkin Anda lakukan saat berkunjung ke konser, bukan? Atas alasan itulah Doppler Labs, produsen perangkat wearable asal AS, merancang DUBS Acoustic Filters.

DUBS Acoustic Filters merupakan sepasang earplug (penutup telinga) yang berwujud seperti earphone nirkabel. Perangkat ini tidak serta-merta menutup telinga Anda, ia memanfaatkan ilmu fisika akustik demi memberikan keseimbangan antara menjaga kualitas pendengaran dan memberikan pengalaman mendengar yang nyaman.

 

Info menarik: Menjadi Raja Musik Electro bersama Pocket Operator, Synthesizer Seukuran Dompet

 

Menggunakan kombinasi low-pass dan high-pass filter, DUBS dapat meredam suara pada frekuensi tertentu guna menjaga kejernihan suara yang Anda dengar – tidak seperti cara kerja earplug pada umumnya yang meredam seluruh frekuensi suara sehingga suara terdengar amat pelan dan tidak mendetail.

DUBS sendiri dapat menurunkan volume hingga 12 dB (desibel). Lalu yang tidak kalah penting, DUBS juga memiliki desain yang apik sehingga Anda tak perlu malu menggunakannya saat berada di sekitar banyak orang – alasan lain mengapa orang-orang selama ini menjauhi earplug.

Terlepas dari wujudnya yang mungil dan minimalis, DUBS terdiri dari 17 komponen terpisah. Doppler Labs juga memanfaatkan bahan-bahan berkualitas tinggi seperti stainless steel, plastik ABS, busa polimer dan silikon dalam merancang DUBS.

 

Info menarik: [Review] Headphone Jabra Evolve 80

 

Sejatinya ada banyak kasus dimana DUBS bisa dimanfaatkan, seperti saat berada di tempat-tempat umum yang ramai – taman bermain, halte bus kota – namun salah satu yang paling umum adalah ketika berkunjung ke konser.

Sering kali kita dihadapkan dengan dilema ketika, misalnya, menghadiri konser Metallica: apakah kita akan moshing gila-gilaan sambil menikmati setiap gebukan simbal yang brutal, atau pura-pura menikmati padahal dalam hati mengeluh bahwa kita hampir tidak mendengar apa-apa akibat menggunakan earplug yang meredam seluruh frekuensi suara. Problem inilah yang ingin diselesaikan DUBS.

Harga yang ditawarkan Doppler Labs untuk satu set DUBS Acoustic Filters cukup terjangkau, yakni $25 (Rp 320 ribu). Terdapat empat warna yang bisa Anda pilih: abu-abu, hijau, biru muda dan merah muda.

Sumber: DUBS via PR Newswire.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter