Categories

Berita

Dukung Tenaga Kerja Lepas di Asia Tenggara, PayPal Lancarkan Gerakan “Self Made”

Mempermudah masalah pembayaran para freelancer secara global

Yenny Yusra - 10 December 2015

Merayakan semakin maraknya jumlah pekerja lepas (freelancer ) di Asia Tenggara, PayPal menggelar workshop satu hari dengan tema  “Self Made” dan mengundang para freelancer dari Singapura, Filipina, Vietnam dan negara-negara Asia lainnya untuk berdiskusi, berbagi tips dan trik serta pengalaman seputar dunia kerja freelancer. Dalam Creative Workshop tersebut turut dihadirkan para pelaku startup dan industri kreatif diantaranya adalah asal Singapura Founder Cookpad dan Beatrix Jon YongFook, dan dari Vietnam UI designer Jon Myers yang berlangsung di The Refinery Singapura (08/12).

DailySocial menjadi satu-satunya media Indonesia yang diundang menghadiri kegiatan tersebut.

PayPal mencatat saat ini negara India merupakan negara dengan jumlah tenaga freelancer paling banyak dengan jumlah 2369, disusul dengan Filipina di urutan kedua dengan jumlah tenaga freelancer 536 ribu. Indonesia sendiri berada dalam 5 besar dengan jumlah tenaga kerja freelancer sebanyak 412 ribu kemudian Vietnam dengan jumlah tenaga kerja freelancer sebanyak 155 ribu.

Melihat besarnya peluang tersebut, PayPal ingin memudahkan metode pembayaran para pekerja lepas yang dipekerjakan oleh perusahaan internasional dengan memanfaatkan fasilitas pembayaran melalui PayPal.

General Manager Southeast Asia PayPal Rahul Shinghal mengungkapkan:

“Salah satu tantangan terbesar yang dialami oleh para freelancer saat ini adalah proses pembayaran, terutama ketika yang mempekerjakan mereka adalah perusahaan asing, dengan kemudahan sistem pembayaran, transfer yang cepat dan aman PayPal ingin membantu semua freelancer dalam hal pembayaran secara menyeluruh.”

Menambah jumlah freelancer di Indonesia

Indonesia masih menyisakan jumlah sedikit tenaga freelancer yang dilirik oleh perusahaan internasional, dibandingkan dengan Filipina yang terbukti telah menghasilkan banyak tenaga freelancer dan menarik perhatian perusahaan dari Inggris, Singapura dan negara-negara lainnya. PayPal mencatat tenaga kerja freelancer Indonesia yang paling dicari oleh perusahaan internasional di antaranya adalah tenaga desain grafis dan penulis. Lantas apa yang menyebabkan tenaga kerja freelancer asal Indonesia masih kalah jumlahnya dengan Filipina?

Salah satu kendala utama tentunya adalah bahasa. Orang India serta Filipina selama ini dikenal sangat fasih menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari, sehingga memudahkan perusahaan internasional untuk melakukan komunikasi dan kerja sama lebih lanjut. Kurangnya promosi serta informasi menyeluruh dari para freelancer asal Indonesia juga menjadi salah satu alasan kurang diminatinya tenaga freelancer asal Indonesia.

Menjawab hal tersebut, PayPal senantiasa berupaya untuk menarik minat para freelancer asal Indonesia untuk lebih mempromosikan kemampuan yang mereka miliki serta mempercayakan masalah pembayaran dengan PayPal.

“Kami memiliki platform yang memungkinan semua freelancer memonitor semua aktifitas pembayaran dari klien, sehingga tidak ada lagi cerita klien (perusahaan asing) yang menunda pembayaran hingga tidak membayar sama sekali,” kata Rahul.

Kegiatan Blueprint PayPal

Selain membantu lebih banyak tenaga kerja freelance di Asia Tenggara, secara konsisten Paypal juga memiliki komitmen untuk mendukung usaha dari para pelaku startup untuk bisa tampil secara global dan menghasilkan produk yang baik. Salah satu kegiatan yang secara rutin digelar oleh PayPal adalah Blueprint. Salah satu kegiatan startup terbesar di dunia, yang diikuti lebih dari 1400 startup. Kegiatan ini diantaranya adalah memberikan volume transaksi secara gratis hingga mentorship selama 18 bulan oleh PayPal.

Selain itu kegiatan rutin yang juga kerap dilakukan oleh PayPal adalah Global Hackathon atau yang biasa disebut Battle Hack. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 3000 developer dari 14 kota di berbagai negara, selama 24 jam para peserta diminta untuk mebuat aplikasi yang bisa digunakan secara sosial oleh orang banyak. Pemenang dari kegiatan Global Hackathon ini berhak mendapatkan hadiah uang sebesar $ 100,000.

“Kami menyadari kehadiran startup saat ini mampu merubah bagaimana bisnis berjalan, untuk itu PayPal akan selalu mendukung semua upaya yang dilakukan oleh pelaku startup di Asia agar mampu bersaing dan melakukan bisnis secara global bukan hanya di negara asal,” tutup Rahul.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id