Categories

Gadget

Dukungan Teknologi Untuk Produktivitas Pelaku Bisnis Startup dan UMKM

Dukungan smartphone performa tinggi untuk berkomunikasi dan melakukan berbagai pekerjaan pendukung perkembangan perusahaan

JuLi Andrian - 10 August 2020

Startup dan UMKM merupakan komponen perekonomian penting di Indonesia. Startup dengan berbagai disrupsi teknologi yang dihadirkan mampu mengubah aktivitas kehidupan masyarakat menjadi lebih mudah dan cepat, dengan menawarkan kenyamanan yang lebih baik daripada sebelumnya. Di sisi lain, UMKM dengan berbagai produknya mampu menopang ekonomi dari 95% tenaga kerja nasional yang diserapnya (data Kementerian Koperasi dan UKM, per tahun 2018).

UMKM mampu memberdayakan dan memberikan dampak secara langsung kepada masyarakat, juga memiliki peran serta secara langsung dalam pertumbuhan ekonomi nasional dengan kontribusinya yang tinggi terhadap PDB.

Para pelaku startup dan UMKM umumnya memiliki integritas dan dedikasi tinggi terhadap bisnis yang dijalankannya. Banyak upaya yang harus dijalankan dan menjadi keseharian, mulai dari pengembangan produk, efisiensi operasional dan manajemen bisnis, marketing dan branding, dan yang paling penting adalah peningkatan transaksi penjualan. 

Oleh karena itu, dukungan teknologi merupakan hal yang wajib dan mutlak bagi para pelaku startup dan UMKM, sebagai bekal untuk menjalankan roda bisnisnya.

Seperti apa dukungan teknologi yang dibutuhkan? Berikut beberapa diantaranya. 

1. Akses Informasi Cepat dan Luas

Pelaku startup dan UMKM membutuhkan akses kepada informasi yang cepat dan luas. Kepekaan terhadap informasi merupakan faktor penting bagi mereka dalam bekerja. Informasi bermanfaat untuk mengetahui kondisi yang terjadi, baik secara lokal maupun global. Hal ini diperlukan untuk mencari inspirasi dalam pengembangan bisnis, mengetahui tren yang sedang terjadi untuk menyesuaikan produk dan model bisnis, serta meningkatkan kualitas diri dengan pengetahuan.

Informasi saat ini dapat diperoleh secara cepat menggunakan smartphone. Oleh karena itu, memiliki smartphone yang mumpuni merupakan hal penting bagi para pelaku startup dan UMKM. 

Beberapa fitur yang bisa diperhatikan untuk spesifikasi smartphone yang bisa mendukung dalam mendapatkan informasi secara cepat antara lain kemampuan perangkat mendukung network yang terbaru sehingga bisa mengunduh dan mengunggah file secara cepat. Prosesor yang terbaik di kelasnya serta dukungan baterai dan fast charging agar produktivitas tidak tertunda. 

2. Produktivitas Tinggi

Perkembangan teknologi mobile internet saat ini memungkinkan kita untuk melakukan berbagai pekerjaan hanya lewat smartphone. Beberapa tahun lalu, untuk membuka dan membalas email saja kita mungkin perlu menggunakan komputer yang ada di kantor.

Namun saat ini, smartphone dapat digunakan untuk melakukan berbagai pekerjaan secara online, kapanpun dan dimanapun. Mulai dari membuat dan mengirim dokumen, hingga mengontrol progress pekerjaan tim lewat aplikasi project management tools, hingga melakukan meeting online lewat video conference jika dibutuhkan.

Performa smartphone yang mumpuni juga penting dimiliki agar segala pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara cepat, dengan membuka berbagai aplikasi secara multitasking. Salah satu smartphone yang tepat dan dapat dipertimbangkan adalah Galaxy Note20 dan Note20 Ultra dari Samsung. Dengan dukungan prosesor terbaru Exynos 990 dan RAM 8GB, berbagai aplikasi pendukung produktivitas dapat dijalankan dengan smooth tanpa hambatan.

RAM LPDDR5 memungkinkan pengguna Note20 dan Note 20 Ultra ber-multitasking dengan mulus dan tanpa kendala, apalagi dengan dukungan layar 6.9 inci Quad HD+ dengan resolusi 3088×1440 serta 120Hz refresh rate maka layar dari perangkat ini akan nyaman dipakai untuk bekerja dan beraktivitas. Mengakses dokumen sambil berdiskusi dengan tim bisa dilakukan di satu smartphone saja. 

Samsung Galaxy Note20 series juga dilengkapi dengan stylus yang telah ditingkatkan kemampuannya. Kini Anda bisa dengan mudah membuat catatan untuk strategi bisnis Anda lalu membagikannya dengan tim untuk dibahas. Meeting, presentasi atau bahkan pitching dengan investor akan dengan mudah dilakukan dalam satu perangkat. 

3. Komunikasi Intens

Pelaku bisnis startup dan UMKM umumnya memiliki mobilitas tinggi dan tidak selalu berada di tempat kerjanya. Sebab dalam menjalankan bisnisnya, mereka seringkali perlu datang ke bermacam tempat atau bertemu berbagai pihak. Misalnya untuk bertemu klien, investor, cabang perusahaan atau berkolaborasi bersama perusahaan lain dalam pengembangan bisnis. Maka, komunikasi merupakan hal yang penting untuk mendukung aktivitasnya. 

Baik komunikasi secara internal untuk memantau progres pekerjaan tim, maupun komunikasi secara eksternal dapat dilakukan via telepon, chat, email, bahkan video call, hanya dengan menggunakan smartphone.

Dengan mobilitas dan kebutuhan komunikasi yang tinggi, smartphone dengan daya tahan baterai yang panjang juga menjadi salah satu faktor penting yang dapat mendukung aktivitas para pelaku bisnis dan startup. Samsung Galaxy Note20 dengan kapasitas baterai 4.300 mAh atau Note20 Ultra dengan baterai 4.500 mAh dapat menjadi pilihan yang tepat sebagai smartphone berperforma tinggi, dengan baterai yang dapat dipakai sehari penuh tanpa harus mengisi daya berkali-kali.

Selain baterai yang cukup besar, salah satu dukungan yang penting lainnya adalah dukungan fast charging, seri Note20 mendukung Super Fast Charging 25W yang mampu mengisi daya 50% hanya dalam waktu 30 menit. Selain itu ada pula fitur Fast Wireless Charging 2.0 dan Wireless PowerShare untuk mengisi daya Galaxy Buds, Galaxy Watch, sampai smartphone Samsung lainnya. Mengisi daya dengan cepat penting untuk mendukung mobilitas. 

4. Dukungan Multimedia

Dukungan multimedia yang baik dalam sebuah smartphone juga merupakan fungsi penting bagi para pelaku startup dan UMKM. Seringkali mereka perlu menampilkan foto dan video produk dan layanan yang dimiliki kepada para partner bisnis, tanpa dapat membuka laptop karena keterbatasan waktu dan tempat. Dukungan multimedia ini juga dapat menjadi sarana hiburan dan rehat sejenak dari berbagai urusan pekerjaan.

Bagi para pelaku bisnis startup dan UMKM, perangkat smartphone yang tepat dapat menjadi pendukung utama untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, baik yang berhubungan dengan pekerjaan, maupun untuk kepentingan pribadi.

Layar yang lebar untuk Note20 Ultra dan layar yang compact dari Note20 memungkinkan Anda melakukan kegiatan produktivitas multimedia seperti presentasi, membuat catatan dengan S Pen, atau sebagai sarana rehat dengan menonton film seri. Layar yang dilengkapi Dynamic AMOLED 2X untuk Note20 Ultra dan Super AMOLED Plus untuk Note20 adalah salah satu yang tertinggi dikelasnya. 

Perangkat smartphone bisa dipandang sebagai sebuah pengeluaran, namun jika dimaknai sebagai penunjang pekerjaan dan bukan hanya gaya hidup maka perannya malah bisa mendukung berbagai kegiatan operasional perusahaan. Seri Galaxy Note20 dengan segudang fiturnya bisa menggantikan berbagai perangkat lain sehingga memudahkan pekerjaan dengan mobilitas tinggi. Dengan fitur seperti Wireless Dex serta link to Windows bahkan Anda bisa menggunakan smartphone ini untuk pekerjaan desktop.

Perkembangan teknologi internet dengan berbagai tools yang ada bisa dimanfaatkan dan akan maksimal dengan dukungan smartphone yang tepat. Spesifikasi perangkat yang tinggi bisa memberikan dukungan maksimal atas perkembangan teknologi terbaru.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh Samsung.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter