Categories

Opini

Dukungan Untuk Prita Bertebaran Di Blogosphere!

Rama Mamuaya - 2 June 2009

Kasus pencemaran nama baik (UU-ITE) yang menimpa ibu Prita Mulyasari ini rupanya mulai memanas, terutama untuk kalangan blogger (yes, including me). Pagi ini posting-posting dukungan untuk Prita Mulyasari bertebaran dimana-mana layaknya virus, salah satu kekuatan viral dari blogging. Isi dari posting-posting tersebut-pun semuanya mendukung pembebasan atau penangguhan penahanan Prita Mulyasari.

Dukungan datang dari Ndorokakung, Ibu Venus, Tika Banget, Navinot dan puluhan blog lainnya, tidak sedikit pula yang mendukung gerakan boikot RS Omni International. Sampai akhirnya dibentuklah sebuah halaman khusus untuk gerakan pembebasan Ibu Prita. Di Facebook-pun gerakan ini merasuk ke Facebook Cause untuk mengumpulkan suara untuk mendukung pembebasan Prita Mulyasari dan kebabasan berpendapat di dunia maya secara umum. Ada yang membahas hal ini dari sisi hukum, dari sisi etika berpendapat, dan ada juga yang membahas dari sisi kemanusiaan. Apapun alasannya, gerakan ini sepertinya akan terus berkembang sampai masalah ini tuntas, "kalo gak bisa ngelawan hukum, pake kekuatan tekanan sosial.".

Kekuatan viral yang seperti tidak diperhitungkan oleh RS Omni International ini sekarang menjadi bumerang untuk RS Omni International dan pastinya akan menyulitkan divisi PR-nya. Mengembalikan nama baik RS Omni International dengan memenjarakan pasien yang mengkritik tentu merupakan strategi yang salah dan saya pikir sudah menjadi konsekuensi yang harus dihadapi oleh RS Omni International.

Lalu apa alasan saya mendukung pembebasan Prita Mulyasari? Saya sedari awal sudah tidak setuju dengan adanya pasal karet di UU-ITE, ditambah lagi dengan adanya kasus penahanan konsumen yang mengkritik yang tentu saja menjadi sebuah penghambat kemajuan negara, kritik itu bagus dan seharusnya bisa disikapi secara dewasa. Masalah lain tentu saja dari sisi kemanusiaan, seorang ibu yang tidak bisa menyusui anaknya yang masih bayi karena harus dipenjara untuk alasan yang absurd.

Saya sudah mendukung, bagaimana dengan anda?

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter