1. DScovery

Dumping : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Untung Ruginya

Dumping adalah kebijakan mengekspor barang dan menjualnya ke luar negeri dengan harga lebih rendah untuk menguasai pasar negara tersebut

Dalam perdagangan ekonomi internasional, dumping menggambarkan kebijakan suatu negara untuk menjual barang yang lebih murah ke luar negeri. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan pangsa pasar kami. Praktik dumping sendiri sebenarnya sudah terkenal sejak berabad-abad lalu.

Dumping adalah kebijakan mengekspor barang dan menjualnya ke luar negeri dengan harga lebih rendah untuk menguasai pasar negara tersebut. Kebijakan dumping dapat diartikan sebagai kebijakan diskriminasi harga dan membunuh pasar luar negeri dimana produk dijual murah.

Ketika berbicara tentang kebijakan dumping,  perlu juga berbicara tentang ekspor besar-besaran yang dapat membahayakan produsen lokal. Banyak yang mengatakan dumping adalah praktik curang untuk mendapatkan kontrol pasar.

 Dumping Menurut WTO

Dumping adalah praktik yang tidak disetujui oleh sebagian besar negara anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), tetapi Organisasi Perdagangan Dunia menganggap legal untuk menjual barang ke luar negeri dengan harga murah.

Dengan tidak adanya kebijakan pelarangan WTO, negara-negara di dunia biasanya memiliki regulasi sendiri untuk mencegah kebijakan dumping. Regulasi ini biasanya berupa batasan kuota dan tarif.

Namun, negara-negara di seluruh dunia melindungi wilayah mereka dari dumping dengan memasukkannya ke dalam perjanjian perdagangan bilateral dan regional.

Praktik Dumping menurut Peraturan di Indonesia

Regulasi antidumping sudah dimiliki Indonesia sejak 1999. UU No. 5 Tahun 1999 yang melarang praktik monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, memenuhi tekad pemerintah Indonesia untuk melindungi Indonesia dari dumping.

Peraturan ini diperkenalkan untuk melindungi stabilitas harga produk dan mempromosikan lingkungan bisnis yang sehat bagi produsen dalam negeri. Salah satu upaya tersebut adalah dengan membatasi harga jual produk yang masuk sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Beberapa negara, seperti China, Jepang dan Singapura, telah menerapkan kebijakan dumping untuk mengurangi persediaan produk dan mencegahnya tetap berada di gudang dan menghasilkan keuntungan.

Cara Kerja Praktik Dumping

Umumnya, dumping bekerja dengan mengenakan harga yang lebih rendah di luar negeri untuk menaklukkan pasar luar negeri, sedangkan pasar domestik masih menerima harga normal atau bahkan lebih tinggi.

Setelah penerapan kebijakan dumping, eksportir atau dumper dapat memutuskan apakah akan menerapkan harga yang lebih rendah tergantung pada motivasi awal untuk menerapkan kebijakan dumping.

Tujuan Politik Dumping

Memperoleh keuntungan lebih

Tujuan politik dumping adalah memperoleh keuntungan dari produk yang harusnya menjadi investasi persediaan (produk yang ada di gudang). Dengan tindakan dumping, sisa stok penjualan tersebut dapat diubah menjadi uang secara cepat.

Invasi pasar

Invasi pasar dilakukan suatu negara dengan cara merebut konsumen melalui harga lebih murah yang ditawarkan. Tentu hal ini menimbulkan persaingan tidak sehat dengan produsen lokal wilayah tersebut.

Mengurangi stok produk secara masif

Adanya penumpukan barang di gudang menyebabkan produsen memutar akal bagaimana caranya agar penumpukan tersebut menjadi sumber pemasukan, sehingga munculah niat monopoli dari negara terkait.

Jenis Politik Dumping

Persistent dumping

Persistent dumping adalah sebuah tindakan memberi harga lebih murah daripada harga dalam negeri secara terus menerus yang dimaksudkan untuk menguasai pasar dalam jangka panjang.

Sporadic dumping

Berbeda dengan persistent dumping, sporadic dumping adalah tindakan diskriminasi harga yang dilakukan dalam jangka pendek karena ingin menghabiskan stok produk.

Predatory dumping

Sesuai namanya, predatory dumping adalah tindakan untuk memangsa pesaing usahanya menggunakan pemberlakukan harga murah. Setelahnya, pelaku predatory dumping akan menaikkan harga sesuai keinginannya ketika pesaing sudah berhasil menyingkir dari pasar.

Reverse dumping

Reverse dumping adalah diskriminasi harga yang dapat dilakukan pada produk bersifat inelastis (permintaan cenderung tidak berubah ketika harga berubah) di pasar luar negeri. Kata reverse merujuk pada pemberlakukan harga yang lebih tinggi di pasar luar negeri dan harga rendah untuk pasar lokal.

Keuntungan Politik Dumping

Membantu memenuhi kebutuhan negara lain yang tinggi

Persediaan produk yang tidak dapat memenuhi permintaan pasar menimbulkan masalah. Oleh karena itu, bagi para importir, kebijakan dumping dapat menjadi salah satu alternatif solusi yang dapat dipertimbangkan, terutama untuk kebutuhan pokok.

Ekspansi pasar

Bagi eksportir, memasuki pasar baru dengan harga yang jauh lebih rendah merupakan angin segar, karena mereka cenderung langsung mendapatkan tempat khusus di hati konsumen. Jika hal ini dilakukan dalam jangka panjang, akan membawa banyak keuntungan bagi eksportir.

Menghasilkan devisa negara

Penerapan kebijakan dumping merupakan valas atau sumber devisa baru bagi negara pengekspor. Hal ini tentunya berdampak positif tidak hanya bagi industri yang terlibat, tetapi juga bagi perekonomian nasional.

Kerugian Politik Dumping

Mematikan pesaing bisnis

Walaupun ada beberapa keuntungan dumping seperti memenuhi kebutuhan masyarakat yang tinggi, tetapi menerapkan politik dumping artinya mengizinkan produsen lain untuk memasuki pasar dan berpotensi mematikan pesaing bisnis di negara sasaran dumping.

Kebangkrutan eksportir

Di sisi lain, praktik dumping juga dapat berdampak negatif bagi produsen itu sendiri. Karena menjual produk di bawah harga pasar bukanlah strategi jangka panjang. Oleh karena itu, pendekatan selain dumping akan diperlukan ketika memasuki pasar baru.

Mengganggu stabilitas harga

Stabilitas harga juga dapat terganggu karena tiba-tiba ada produk berjenis sama dan merusak interaksi permintaan serta penawaran yang membentuk harga keseimbangan pasar.

Itulang penjelasan mengenai politik dumping. Meskipun WTO memperbolehkan aktivitas dumping, tetapi banyak negara menganggapnya tidak adil.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again