Categories

Gadget

Duo Mini PC Racikan GiadaTech Ini Ditopang Chipset Intel Apollo Lake

Kedua model komputer mungil ini mendukung sistem operasi Windows 10 dan Linux serta mampu menayangkan gambar berkualitas 4K

Oki Rosgani - 24 December 2016

Perangkat mini PC kian menjadi populer, terlebih ketika beberapa pabrikan elektronik telah merilis sejumlah produk SBC (single-board computer) yakni komponen CPU mungil yang berukuran tidak lebih besar dari lebar telapak tangan orang dewasa.

Sebagai produsen chipset, Intel tak mau ketinggalan untuk bisa lebih memberikan kontribusi di ranah mini PC ini. Dan seolah ingin membangkitkan kembali tren PC dekstop yang kian meredup, Intel juga sudah mulai merangsek ke ranah mini PC, agar perangkat mungil ini tak hanya bisa difungsikan untuk bekerja namun juga bisa difungsikan sebagai perangkat hiburan, dalam artian semakin powerfull.

Salah satu pabrikan elektronik asal Shenzhen, Tiongkok yakni GiadaTech baru saja merilis dua buah produk fanless mini PC yang memiliki dimensi 7.5″ x 5.9″ x 1″. Kedua model teranyar yang masuk lini seri Giada F105D itu merupakan perangkat komputasi yang tidak hanya memiliki ukuran mungil yang anti-bising, namun ia juga merupakan perangkat komputasi cukup bertenaga yang dioperasikan dengan konsumsi listrik berdaya rendah yakni hanya 6 watt saja.

Dua buah model fanless mini PC racikan GiadaTech tersebut telah hadir dengan sokongan chipset Intel Apollo Lake. Untuk type Giada F105D-BS200, ia telah ditopang dengan prosesor dual-core Celeron N3350 sementara untuk varian lain dengan type F105D-BQ200 telah ditopang dengan prosesor quad-core Celeron N3450, kedua model chip tersebut merupakan prosesor seri Apollo Lake besutan Intel.

Untuk dapat melakukan proses komputasi sehari-harinya, kedua model Mini PC tersebut telah hadir dengan dukungan RAM sebesar 4 GB dan komponen SSD berukuran 2.5 inci yang mendukung slot M.2 atau pun mSATA dengan kapasitas yang bisa dipilih oleh penggunanya.

Tak lupa, pihak Giada juga telah menjejalkan sebuah slot MicroSD, dua buah port Gigabit Ethernet, tiga buah port USB 3.0, dua buah port USB 2.0 dan slot ekspansi mini PCIe bagi pengguna yang ingin menjejalkan komponen kartu PCIe (seperti untuk menambahkan fitur WiFi dan Bluetooth misalnya).

Model mini PC ini juga telah menyediakan port HDMI dan VGA dengan dukungan grafis Intel HD Graphics 550, dimana kedua buah port tersebut bisa digunakan secara besamaan sehingga penggunanya bisa menggunakan lebih dari satu monitor pada perangkat ini. Dan dengan konfigrasi di atas, perangkat ini juga mampu menampilkan gambar berkualitas 4K.

Sayangnya, belum ada informasi detail mengenai harga dan di pasar mana saja produk ini akan dijual.

Sumber: Liliputing | Gambar Header: GiadaTech

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter