Musim ketujuh Game of Thrones sudah tinggal hitungan hari. Kepada para penggemar berat serial tayangan HBO ini, Duolingo punya kado unik buat Anda sekalian. Yup, Duolingo aplikasi untuk belajar bahasa itu, dan kadonya berupa kursus bahasa High Valyrian.

High Valyrian adalah dialek yang digunakan secara khusus oleh Daenerys Targaryen, yang diperankan oleh si cantik Emilia Clarke. Ibarat bahasa Jawa, High Valyrian adalah krama inggil-nya bahasa fiktif Valyrian yang digunakan di dunia Game of Thrones di samping Dothraki.

Materi pelajaran High Valyrian sebenarnya sudah dikembangkan selama beberapa bulan terakhir di ‘inkubator’ Duolingo, dengan tim yang dipimpin oleh David J. Peterson sendiri selaku pencipta bahasa Dothraki dan Valyrian untuk serial Game of Thrones di HBO. Tiga hari yang lalu, David memberikan update singkat berbunyi “Valyrio Māzis” yang terjemahan kasarnya adalah “Valyrian is coming” dalam bahasa Inggris.

Kepada The Verge, perwakilan Duolingo bilang kalau mata pelajaran High Valyrian ini bakal dirilis pada tanggal 13 Juli. Namun sampai artikel ini ditulis, statusnya baru memasuki fase kedua, yakni tahap peluncuran beta.

Kalau High Valyrian saja ternyata belum cukup memenuhi hasrat Anda mendalami dunia Game of Thrones, Living Language menawarkan kursus Dothraki online selama setahun yang harus ditebus seharga $30.

Sumber: The Verge.