DycodeX Kembangkan JogjaBike, Platform “Bike-Sharing” Sepeda Klasik di Yogyakarta

DycodeX Kembangkan JogjaBike, Platform “Bike-Sharing” Sepeda Klasik di Yogyakarta

Saat ini baru tersedia 20 unit sepeda yang diletakkan di kawasan Malioboro
Armada JogjaBike yang saat ini ada di kawasan Malioboro / DycodeX
Armada JogjaBike yang saat ini ada di kawasan Malioboro / DycodeX

DycodeX mengembangkan solusi end-to-end untuk JogjaBike, layanan bike sharing sepeda klasik di Yogyakarta. Diluncurkan secara resmi pada Sabtu (27/10) di Malioboro oleh Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan penggagas JogjaBike Muhammad Aditya, DycodeX memproduksi 20 perangkat untuk 20 sepeda Jogjabike demi memberikan pengalaman bike-sharing yang aman dan nyaman bagi warga maupun wisatawan.

Realisasi JogjaBike juga didukung Pertamina sebagai sponsor. Saat ini penggunaan layanan JogjaBike masih sepenuhnya gratis. Teknologi yang dikembangkan DycodeX fokus pada akses dan sistem keamanan sepeda – belum didesain untuk sistem pembayaran.

Untuk JogjaBike, DycodeX mengimplementasikan teknologi SmarterBike, sistem manajemen sepeda dan bike-sharing yang sebelumnya mereka kembangkan. Teknologi Smarterbike didesain dengan mengedepankan integrasi penuh keseluruhan sistem agar hardware dan software-nya saling terkoneksi dalam sebuah ekosistem bike-sharing.

“Fokus DycodeX dalam produk-produk yang diluncurkan lebih mengarah pada penyediaan solusi-solusi yang diharapkan berguna di Indonesia. Jadi tidak hanya bike sharing, kami ingin solusi-solusi yang kami tawarkan ini dapat digunakan oleh masyarakat yang lebih luas,” ujar CEO DycodeX Andri Yadi kepada DailySocial.

Saat ini JogjaBike miliki lima fitur utama. Pertama ialah sistem smart lock yang dapat dibuka dengan memindai kode QR melalui aplikasi. Kemudian yang kedua terdapat layar LED di sepeda untuk memberikan informasi mengenai jarak tempuh dan sisa waktu sewa.

Ketiga adalah fitur konektivitas internet via GSM untuk memberikan umpan balik data secara terus-menerus. Keempat, dengan akselerometer sistem didesain untuk dapat secara otomatis mendeteksi kecelakaan atau perusakan yang disengaja. Dan yang terakhir, panel surya untuk pengisian daya.

Saat ini aplikasi JogjaBike baru tersedia di platform Android. Untuk iOS akan menyusul dalam beberapa waktu mendatang.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…