Categories

Gadget

Dyson Rilis Robot Vacuum Cleaner 'Tercanggih', 360 Eye

Yoga Wisesa - 26 October 2015

Terkenal akan penyediaan hand dryer sampai vacuum cleaner, Dyson sebetulnya sempat merakit dan mendemonstrasikan robot pembersih beberapa belas tahun silam. Sayang karena terlalu mahal, produk tak pernah dilepas ke pasar. Kemudian di 2014, mereka lagi-lagi memamerkan unit baru yang jauh lebih hebat, tapi sudah lewat setahun sejak pengenalannya.

Lalu apa kabarnya perangkat itu sekarang? Cukup baik, produsen consumer electronics asal Inggris ini belum lama meluncurkan robot vacuum cleaner 360 Eye di Jepang. Artinya Dyson resmi menantang sang raksasa Roomba di ranah tersebut. Tentu saja agar dapat bersaing mereka telah membekali 360 Eye dengan sejumlah kapabilitas canggih, dan sepertinya Dyson tidak merasa khawatir untuk menawarkannya di harga tinggi.

Sejumlah teknologi papan atas hadir di Eye 360. Kabarnya demi merampungkan produk tersebut, Dyson menghabiskan waktu selama 16 tahun dan menggelontorkan dana kira-kira US$ 43 juta, ditambah US$ 43,300 untuk ongkos produksi. Mereka sangat puas dengan hasilnya, 360 Eye boleh dibilang sebagai salah satu robotic vacuum cleaner paling mumpuni saat ini, ampuh dalam membersihkan, juga pintar 'membaca' keadaan di sekitarnya.

Info menarik: Mendukung Konsep Smart Home, Roomba 980 Ialah Robot Pembersih Terpintar

Kemampuan deteksi lingkungan plus navigasi tersebut bersandar pada sistem penglihatan 360 derajat. Dan dari kesanggupan inilah sang robot mendapatkan namanya. Namun cara 360 Eye melihat berbeda dari mata manusia, ia mengamati serta memprediksi ruang berbasis formula matematika kompleks, teori probabilitas, geometri serta trigonometri. Alhasil, 360 Eye tahu mana lokasi yang sudah atau belum dibersihkan.

Kemudian Dyson membubuhkan Radial Root Cyclone. Teknologi ini memungkinkan 360 Eye menangkap debu dan tanah berukuran mikroskopis, ditenagai motor digital Dyson V2 100-Watt. Biasanya mesin berkekuatan besar mempunyai ukuran yang tak kalah besar. Tapi khususnya di 360 Eye, Dyson berhasil menekan volume serta bobot sekecil mungkin. Motor bisa berputar di 78.000rpm, menyedot delapan liter udara dalam sedetik.

Menurut Dyson, 360 Eye ialah satu-satunya robot pembersih yang bergerak menggunakan track ala tank. Teknik itu merupakan jawaban produsen terhadap kendala di sistem manuver perangkat kompetitor, diusung demi memastikan tingkat traksi tetap tinggi apapun jenis lantainya - meminimalisir peluang robot menyangkut atau tersesat. Konektivitasnya? Oh, 360 Eye bisa terhubung ke device iOS dan Android melalui app companion.

Dyson 360 Eye telah mulai dipasarkan di Jepang. Harga satu unitnya sangat 'menakjubkan', yaitu ¥ 138.000 atau kurang lebih US$ 1.150.

Via Daily Mail. Sumber: Dyson360Eye.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter