Layanan E-commerce TokTok Jembatani Kebutuhan Aparatur Sipil Negara

Layanan E-commerce TokTok Jembatani Kebutuhan Aparatur Sipil Negara

Menargetkan 4,3 juta anggota ASN; bermitra dengan merchant pilihan dan logistik pihak ketiga
Tawarkan atribut dinas dan produk keseharian lainnya
Tawarkan atribut dinas dan produk keseharian lainnya

Bertujuan untuk menghadirkan layanan e-commerce lengkap khusus untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tergabung dalam Korps Profesi Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (Korpri) dan juga Pegawai Negeri Sipil (PNS), layanan e-commerceTokTok didirikan. Diluncurkan sejak tahun 2016, platform tersebut menawarkan produk FMCG, fesyen, hijab hingga gadget. Secara khusus mereka juga menjual atribut ASN yang bisa diantar langsung ke rumah.

Kepada DailySocial VP Government Relation TokTok Boyke Yanuar mengungkapkan, sesuai komitmennya untuk mensejahterakan para anggota, TokTok diluncurkan dengan produk lengkap dan harga terjangkau. Harapan ke depannya, TokTok bisa membantu UKM sekaligus para anggota untuk melancarkan kegiatan wirausaha.

“Pada tahun 2016 lalu Presiden Joko Widodo ingin menciptakan sebuah platform yang bisa membantu anggota untuk memenuhi kebutuhan mereka. Dengan alasan itulah TokTok hadir khusus untuk anggota Korpri.”

Semua produk dan kebutuhan tersebut bisa dibeli oleh anggota Korpri yang saat ini berjumlah sekitar 4,3 juta di seluruh Indonesia. Besarnya target pasar tersebut, menjadikan TokTok sempat mengalami pertumbuhan yang cukup lambat.

“Mulai akhir Desember 2018 kami membenahi platform sekaligus menyematkan teknologi yang terkini agar bisa menciptakan platform yang terpadu untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari anggota,” kata Boyke.

Bermitra dengan merchant dan logistik pihak ketiga

Untuk memudahkan pembeli melakukan transaksi, TokTok menawarkan pilihan pembayaran mulai dari bank transfer, kartu kredit dan lainnya. Ke depannya, mereka berencana menawarkan pilihan pembayaran cicilan hingga bayar saat gajian. Masih dalam proses pengembangan, fitur pembayaran ‘kasbon’ tersebut akan diluncurkan dalam waktu dekat.

“Selain pembayaran secara mandiri membayar berdasarkan kemampuan, TokTok juga akan melakukan kerja sama dengan bendahara satuan kerja. Hal tersebut dilakukan guna memastikan anggota bisa membayar tanpa kendala dan memastikan pembayaran berjalan lancar,” kata Boyke.

Untuk proses kurasi merchant yang bisa bergabung dalam TokTok, diberlakukan sistem selected multi merchant. Salah satu merchant yang menawarkan pilihan produknya adalah IDmarco.

TokTok juga memberikan kesempatan kepada anggota untuk tidak sekadar membeli produk di platform, namun juga menjual produk atau barang. Untuk logistik bermitra dengan pihak ketiga. Dipastikan mitra telah memiliki layanan logistik ‘last mile’ agar bisa mempercepat proses pengiriman barang ke seluruh wilayah.

“Payung besarnya mengapa TokTok didirikan adalah meningkatkan kesejahteraan anggota ASN dalam hal memberikan harga murah dan bersaing berbagai produk dan juga bisa memberikan kesempatan baru mereka menjadi wirausaha dengan menjembatani mereka melalui platform Toktok,” tutup Boyke.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…