Categories

Berita

XL Axiata Luncurkan Modul E-Learn XL Future Leaders

Peluncuran modul e-learn bertujuan untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat dan mahasiswa yang ingin berpartisipasi dalam program XL Future Leaders

Adjie Priambada - 21 May 2015

Bersamaan dengan acara sosialisasi program XL Future Leader (XLFL) di Institut Teknologi Bandung, XL Axiata (XL) hari ini (20/5) mengumumkan peluncuran modul XL Future Leader dalam versi digital yang lebih dikenal dengan "E-Learn XL Future Leaders". Modul tersebut diluncurkan XL demi mengakomodasi minat yang tinggi dari mahasiswa dan masyarakat yang ingin berpatisipasi dalam program XLFL. Modul digital tersebut dapat diunduh secara bebas dengan login terlebih dahulu melalui halaman situs Elearn XL Future Leader.

Melalui keterangan persnya, President Director & CEO XL Dian Siswarini mengatakan, "Kami tidak ingin membatasi mahasiswa yang ingin mengikuti program ini. Kami sadar, Indonesia punya anak-anak muda potensial yang bisa menjadi pemimpin global di masa mendatang."

"Karena itu, sebagai solusinya kami meluncurkan modul XL Future Leaders dalam versi digital ini, dengan kurikulum yang sama dan modul yang disesuaikan untuk pembelajaran mandiri, dan dapat diikuti oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja, secara mudah melalui internet," tambahnya.

Modul yang disediakan oleh XL ini secara total terdiri dari delapan modul yang berkaitan dengan materi-materi kepemimpinan dasar berupa tutorial seputar pengenalan dan pengembangan potensi diri, pentingnya bekerja dalam kelompok kerja, berpikir secara kritis, komunikasi yang efektif, berbagai jenis kewirausahaan, serta cara mengeksekusi ide-ide.

Meskipun tak ada waktu yang ditentukan secara khusus pada peserta, namun pihak XL menjanjikan untuk 100 peserta pertama yang mampu menyelesaikan modul dalam waktu dua bulan setelah diluncurkan, mereka akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti workshop esklusif di Jakarta. Tapi, perlu diingat, XL juga akan tetap menerapkan standar penilaian yang berlaku untuk melakukan seleksi tersebut.

Nantinya, 100 peserta tersebut akan bergabung dengan peserta program XLFL regular dan akan mendapatkan pembekalan untuk merancang suatu proyek kerja kelompok yang merupakan bagian dari program XLFL. Proyek-proyek tersebut dapat berupa rencana bisnis ataupun berupa proyek sosial. Setelah tim juri XL memberikan penilaian, XL akan memfasilitasi proyek terbaik untuk bisa dikembangkan lebih jauh lagi.

Program XL Future Leader

Program XL Future Leader sebenarnya adalah program pendidikan berbasis digital yang dirancang oleh XL secara khusus demi memajukan pemuda Indonesia agar memiliki kompetensi dasar sebagai pemimpin di tingkat global nanti. Program ini berupa pelatihan terpadu dengan fokus pada tiga area kompetensi yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Ketiga area kompetensi tersebut adalah mampu melakukan komunikasi secara efektif, mampu mengasah jiwa kewirausahaan dan inovasi, serta mampu mengelola perubahaan.

Saat ini, program XL Future Leader sendiri telah mencapai angkatan ke tiga dan XL selaku penyelenggara telah melakukan sosialisasi program ke 16 kampus dari 17 perguruan tinggi negeri dan swasta. Sosialisasi juga direncanakan untuk dilakukan di Kawasan Timur Indonesia (KTI). XL sendiri mulai tahun ini akan mengalokasikan 20% kursi bagi mahasiswa putra daerah asal KTI.

Syarat untuk mengikuti program ialah peserta harus masih berstatus mahasiswa dengan IPK minimal 2,8 dan berada di rentang usia 18-21 tahun. Seleksi yang harus ditempuh antara lain tes kemampuan Berbahasa Inggris, focus group discussion, dan beberapa interview. Pendaftarannya dapat dilakukan secara online melalui situs resminya dan akan dibuka hingga 30 Mei 2015 nanti. Hasil seleksi akan diumumkan pada bulan Oktober 2015.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter