EA Luncurkan Kompetisi Esports FIFA 19, Eksklusif untuk Pemain PS4

Kompetisi ini merupakan bagian dari kualifikasi Continental Cup 2018 di acara Paris Games Week

Popularitas sepak bola sebagai salah satu olahraga terbesar di dunia menjadikannya ladang uang yang subur bagi developer game. Terbukti, tidak butuh waktu lama bagi FIFA 19 untuk menjadi game terlaris di tahun 2018, bahkan mengalahkan Spider-Man yang fenomenal. Setidaknya demikianlah yang terjadi di wilayah Inggris Raya, sebagaimana dilaporkan oleh gamesindustry.biz.

EA sebagai penerbit FIFA 19 cepat tanggap memanfaatkan momen ini untuk mendorong iklim esports di sekitarnya. Mereka baru saja mengumumkan sebuah kompetisi FIFA 19 berskala global, eksklusif untuk para pemain PS4. Turnamen tersebut memang diadakan sebagai hasil kerja sama antara EA dengan PlayStation.

FIFA 19 | Sumber: Sony

Turnamen akan berjalan mulai tanggal 6 Oktober 2018, dan sekaligus menjadi salah satu babak kualifikasi untuk turnamen yang lebih besar yaitu Continental Cup 2018. Continental Cup 2018 sendiri akan diadakan bersamaan dengan pameran Paris Games Week, pada tanggal 26 – 28 Oktober. Menyambut kompetisi tersebut Sony akan mengadakan 30 ajang pertandingan FIFA 19 di seluruh dunia, baik secara online atau offline.

Pertandingan online dijadwalkan untuk berjalan selama empat hari, yang terbagi ke dalam dua akhir pekan. Pertama yaitu tanggal 6 – 7 Oktober, dan kedua tanggal 13 – 14 Oktober 2018. Indonesia termasuk salah satu negara yang dapat mengikuti kualifikasi online, namun harus bersaing dengan Hong Kong, Korea, Taiwan, Singapura, Thailand, dan Malaysia untuk memperebutkan satu slot perwakilan bersama. Perancis menjadi negara dengan slot terbanyak, yaitu empat slot kualifikasi.

FIFA 19 | Sumber: Sony

“Ini adalah momen penentu dalam sejarah game kompetitif EA, dan akan membantu kami meningkatkan ekosistem global FIFA Global Series dengan cara menjangkau lebih banyak pemain PlayStation,” demikian kata Todd Sitrin, SVP dan GM EA Competitive Gaming Division, dilansir dari Engadget. FIFA Global Series adalah rangkaian kompetisi berskala internasional milik EA, yang berpuncak pada turnamen kelas dunia bernama FIFA eWorld Cup.

Bila Anda berminat mengikuti kualifikasi Continental Cup 2018, Anda dapat mendaftarkan diri di situs resmi PlayStation atau langsung dari dalam game FIFA 19 itu sendiri. Harap diingat bahwa di antara persyaratan mengikuti turnamen ini adalah Anda harus berusia minimal 16 tahun dan harus menyiapkan dokumen identitas resmi yang diakui negara, misalnya KTP, paspor, atau SIM. Anda dapat membaca aturan selengkapnya lewat tautan berikut.

Sumber: Engadget