Dark
Light

Earphone Bluetooth Revols Punya Bentuk Mengikuti Kontur Telinga Setiap Pengguna

1 min read
November 10, 2015

Semahal apapun earphone yang Anda beli, belum tentu terasa nyaman di telinga. Hal itu disebabkan bentuk telinga kita hampir sama uniknya seperti sidik jari. Jadi solusinya, kita butuh earphone dengan bentuk yang mengikuti kontur telinga kita.

Earphone semacam itu juga bukan angan-angan semata. Perusahaan seperti Ultimate Ears atau JH Audio telah memproduksi custom earphone selama beberapa tahun. Disebut custom karena setiap produk berbeda dengan yang lainnya, tergantung masing-masing konsumen yang memesan.

Karena benar-benar unik dan eksklusif untuk satu pengguna, harga custom earphone jauh dari kata murah – biasanya di atas $1.000. Proses pembuatannya pun cukup lama, melibatkan seorang ahli yang akan membuatkan cetakan telinga kiri dan kanan konsumen (earmold), sebelum akhirnya dikirim ke pabrikan untuk diproduksi dengan dimensi fisik menuruti cetakan tersebut.

Kini sebuah startup asal Kanada ingin mengubah pandangan publik terkait aspek eksklusivitas dari custom earphone. Melalui Kickstarter, mereka memperkenalkan Revols, custom earphone Bluetooth super unik yang tidak membutuhkan proses yang lama maupun keterlibatan seorang ahli THT untuk membuatkan earmold.

Keunikan Revols terletak pada bagian eartip-nya. Awalnya, eartip berbahan silikon ini terasa sangat empuk dan sangat mudah dijejalkan ke dalam telinga. Selanjutnya, Anda diminta untuk menekan satu tombol di aplikasi pendampingnya untuk memulai proses ‘membuat cetakan’.

Dari situ, eartip yang berisi semacam gel khusus tersebut akan mulai menghangat dan mengeras. Setelah sekitar 60 detik, prosesnya pun usai. Eartip yang tadinya empuk berubah menjadi keras dan padat, tidak bakal berubah bentuknya meski Anda berusaha menekannya sekeras mungkin. Kendati demikian, teksturnya tetap lembut karena memanfaatkan bahan silikon.

revols-02

Lalu apa sebenarnya kelebihan custom earphone itu sendiri? Well, yang pertama tentunya berkaitan dengan kenyamanan. Karena didesain mengikuti kontur telinga, custom earphone seperti Revols ini jelas terasa jauh lebih nyaman untuk dikenakan ketimbang earphone yang sifatnya universal.

Alasan kedua, custom earphone juga bisa memberikan fitur isolasi suara luar bersifat pasif karena menutupi hampir seluruh bagian lubang telinga. Di saat yang sama kualitas suaranya juga bisa lebih terjamin karena tidak terganggu suara dari luar.

Bicara soal kualitas suara, Revols sendiri memercayakan pabrikan audio ternama, Onkyo, dalam menggarap driver-nya. Baterai Revols bisa bertahan hingga 8 jam pemakaian, namun tersedia pula aksesori battery pack yang dapat memberikan sekitar 6 jam daya ekstra.

Saat ini kampanye Revols di Kickstarter masih menyisakan banyak waktu. Buat yang tertarik, pledge terendah yang masih tersisa adalah $199, sudah termasuk sebuah carrying case dan aksesori battery pack.

Sumber: The Verge.

Glenn Kaonang

Gamers, proud daddy, entering web3 with critical mindset.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Ketahui Karakteristik Calon Investor Sebelum Mengajukan Investasi

Halodiana luncurkan aplikasi mobile / Halodiana
Next Story

Halodiana Mulai Babak Baru Persaingan Layanan Asisten Virtual dengan Luncurkan Aplikasi Mobile

Latest from Blog

Don't Miss

Sony Luncurkan Tiga Mikrofon Nirkabel Baru dengan Kualitas Audio Kelas Atas

Sony Luncurkan Tiga Mikrofon Nirkabel Baru dengan Kualitas Audio Kelas Atas

Sony belum lama ini mengumumkan peluncuran tiga mikrofon nirkabel baru:
Sony Hadirkan Earbud TWS WF-1000XM5 For The Music, Bawa Peredam Suara Terbaik dari Sony

Sony Hadirkan Earbud TWS WF-1000XM5 For The Music, Bawa Peredam Suara Terbaik dari Sony

Saat ini, Anda dapat menjumpai banyak sekali truly wireless earbuds