2 October 2017

by Yoga Wisesa

Earphone Mungil WT2 Mampu Terjemahkan Bahasa Secara Instan

Device memungkinkan pengguna berbicara secara normal, sambil melakukan kontak mata, menggerakkan tangan dan berekspresi.

Dalam sejumlah film atau game bertema sci-fi, dalih yang digunakan kreator mengenai mengapa alien fasih berbahasa Inggris adalah penggunaan teknologi penerjemah real-time. Meski memungkinkan secara teori, kita belum benar-benar mendapatkan solusi ideal. Alternatif yang paling mendekatinya meliputi translator handheld atau via dua app plus earphone.

Itu alasannya perangkat WT2 buatan Timekettle ini sangat revolusioner. Belum ada alien yang bisa kita ajak bicara sekarang, namun WT2 memperkenankan kita berbincang-bincang langsung secara natural meski dipisahkan oleh bahasa. WT2 tersaji berupa earpiece, dan untuk memulai percakapan, Anda tinggal mengenakan satu unit dan meminta lawan bicara memasang unit lain di telinganya.

WT2 memiliki bentuk seperti kapsul berwarna putih. Saat tidak dipakai, Anda bisa menaruhnya dalam case yang berfungsi juga sebagai charger. Proses kustomisasi bisa dilakukan lewat app mobile (tersedia buat Android serta iOS)  dan selanjutnya, pengguna dipersilakan berdiskusi hingga enam jam. Timekettle menerangkan bagaimana WT2 akan sangat berguna bagi penggemar travelling, siswa pertukaran pelajar, pedagang internasional, hingga karyawan hotel.

Penyajian WT2 mirip seperti pemanfaatan earphone dan app, tapi pemakaiannya lebih disederhanakan. Device mempersilakan pengguna berbicara normal, sambil melakukan kontak mata, menggerakkan tangan dan berekspresi. Hal-hal ini tidak bisa optimal jika pandangan kita teralihkan dan tangan malah sibuk memegang smartphone atau perangkat penerjemah.

Saat tersedia nanti, WT2 siap mendukung enam bahasa, yaitu Inggris, China, Perancis, Jerman, Jepang, serta Spanyol. Timekettle berjanji untuk menambah jumlahnya via update - beberapa bahasa yang nantinya akan dibubuhkan di sana meliputi Portugis, Arab dan Thailand.

Sistem WT2 mengusung metode penerjemahan berbasis mesin, dan itu artinya Anda harus menjaga penyusunan kalimatnya tetap simpel. Di sisi positifnya, percakapan bisa dibantu gesture, translasinya sangat akurat, dan kita tidak perlu menggunakan lebih dari satu aplikasi. Perlu diketahui bahwa proses penerjemahan WT2 tidak seketika. Earpiece dan software pendukungnya memerlukan waktu sekitar satu sampai tiga detik.

Yang membuat WT2 istimewa adalah fitur Auto Mode. Dengan memilihnya, device bisa segera dipakai tanpa kustomisasi, sehingga pengoperasiannya betul-betul hands-free.

Timekettle berencana untuk mulai mendistribusikan WT2 pada bulan Desember tahun ini. Anda bisa memesannya sekarang juga di situs crowdfunding  Kickstarter seharga mulai dari US$ 150 - 25 persen lebih murah dari harga retail.