27 January 2017

by Yoga Wisesa

Earphone Night Rhythm Punya Kabel yang Bisa Menyala Mengikuti Irama Musik

Rahasia dari kapabilitas Night Rhytm terletak pada penggunaan kabel electroluminescent.

Desain merupakan elemen penting sebuah produk audio. Sebagai buktinya, para produsen saat ini tak hanya fokus pada segi penyajian suara, mereka juga ingin agar device itu terlihat keren, mendukung fashion, dan merepresentasikan kepribadian penggunanya. Dan jika penampilan menjadi aspek pertimbangan utama sewaktu Anda membeli headphone, maka kreasi David Surber ini bisa jadi pilihan.

Desainer asal Los Angeles itu memperkenalkan Night Rhythm, sepasang earphone dengan kabel yang dapat menyala mengikuti irama musik. Berkat kemampuannya tersebut, Night Rhytm mendukung aktivitas menikmati musik di berbagai skenario, misalnya untuk menemani Anda berolahraga di malam hari, bersepeda, di tempat kerja, saat pesta, yoga, dan bisa juga dikenakan ketika mengikuti festival musik.

Night Rhythm disuguhkan dalam wujud in-ear headphone. Bagian earpiece-nya tersambung ke kabel sepanjang satu-meter dengan modul baterai di tengahnya. Dan seperti earphone biasa, device tersambung ke pemutar musik lewat colokan stereo 3,5-milimeter. Unit baterai di sana bertugas menjadi sumber tenaga cahaya kabel, bisa Anda isi ulang via port USB dan mampu menyala hingga tiga jam.

Rahasia dari kapabilitas Night Rhytm terletak pada penggunaan kabel electroluminescent. Kabel ini memanfaatkan bahan tembaga tipis yang dilapisi fosfor, akan menyala begitu dialiri arus listrik. Teknik electroluminescent menghasilkan garis terang tak terputus, dan hebatnya lagi, hanya membutuhkan sedikit asupan listrik. Menurut Surber, keunggulan-keunggulan tersebut membuatnya ideal untuk diterapkan di ranah fashion.

Night Rhythm punya dua mode lighting. Pertama, earphone ini bisa mengikuti dentuman musik; lalu Anda juga dapat mengaktifkan mode steady agar kabel menyala terus-menerus.

Tak hanya dititikberatkan pada aspek penampilan saja, developer tak melupakan performa audionya. Night Rhythm diklaim mampu menghidangkan suara sebaik headphone-headphone mahal racikan brand ternama. Ia mampu merespons frekuensi dari 20Hz sampai 20KHz dan mempunyai sensitivitas 110±3dB di 1KHz, 1mW. Komponen earpiece dan earbud-nya dirancang dengan berkiblat pada prinsip ergonomis, tersemat mantap di telinga sehingga Anda dapat beraktivitas tanpa khawatir.

Di periode pengumpulan dana via situs Kickstarter ini, Night Rhythm baru tersedia dalam satu warna, yakni 'Kickstarter green'. Namun produsen berjanji akan menambah pilihan warnanya begitu target stretch terpenuhi, antara lain ada merah ungu, putih, biru, dan oranye. Di platform crowdfunding tersebut, Night Rhythm dijajakan mulai dari harga US$ 48.