1. Startup

East Ventures Kembangkan Inisiatif untuk Membantu Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik (UPDATED)

Rekrut Pandu Putra sebagai Associate of Civic Project, salah satu proyeknya saat ini membantu kegiatan komunitas Code4Nation

East Ventures mengumumkan pembentukan unit Creating Shared Value (CSV) di Indonesia untuk mendukung perbaikan kinerja pemerintahan dan pelayanan publik. Sejalan dengan rencana ini, mereka merekrut Pandu Putra, yang pernah terlibat dalam kegiatan Code for Bandung dan Code4Nation untuk menjadi Associate of Civic Project. Salah satu kegiatan unit CSV saat ini adalah mendukung kegiatan komunitas Code4Nation dan mereka terbuka dengan proyek-proyek publik lainnya.

CSV sendiri adalah konsep ekonomi, yang diungkapkan Michael Porter dan Mark Kramer dari Harvard, yang menegaskan bagaimana perusahaan yang membuat proyek CSR bisa menciptakan suatu nilai (tambah) baru.

Managing Director East Ventures Willson Cuaca dalam pernyataannya mengatakan:

"Jelas ada celah antara teknologi dan praktek yang diterapkan startup digital dengan sektor publik. Sebagai sektor komersial yang terus melaju, kami melihat peluang berkontribusi di sektor publik dan kami berharap bisa memperkecil celah [yang ada] dengan sektor privat dengan mengkontribusikan pengetahuan dan membagikan nilai [yang kami miliki]. Hal ini akan membantu mengkatalisasi ekosistem startup jika sektor publik dapat beroperasi seefisien lingkungan startup. Hal ini akan menjadi peluang yang mungkin tidak akan berulang puluhan tahun lagi. Kami sangat senang terlibat di kalangan akar rumput. Dengan hadirnya Pandu, yang masih berkuliah, kami harap ia bisa berkontribusi penuh dalam gerakan seperti Code4Nation. Tujuan yang ia miliki jelas; menjadikan hal ini terwujud."

Salah satu proyek komunitas yang menjadi role model unit CSV ini adalah bagaimana Kawal Pemilu, sebagai sebuah inovasi teknologi, membantu mengawasi Pemilihan Presiden 2014 menjadi lebih transparan.

Willson kepada DailySocial memastikan bahwa CSV ini akan bersifat jangka panjang dan mereka tidak ada rencana komersial atau mendanai proyek tertentu karena kebanyakan proyeknya akan berhubungan dengan publik atau pemerintahan.

Pandu saat ini bekerja secara penuh waktu, atas inisiatif East Ventures, membantu berbagai proyek, termasuk yang saat ini dijalankan bersama Code4Nation. Unit CSV ini telah menjalin kerja sama dengan sejumlah Kementerian untuk memastikan bagaimana aplikasi dan inisiatif proyek-proyek ini, sebagai bentuk inovasi teknologi, berjalan efektif membantu masyarakat dan pemerintah.

Tujuan akhir yang dicapai, seperti diungkapkan Pandu, adalah secara strategis meningkatkan efisiensi pemerintahan dan bagaimana layanan publik dilakukan, dengan cara bermitra dengan pemerintah dan komunitas pengembang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again