Categories

Gadget

eBay Instant Selling Janjikan Nominal yang Lebih Besar dari Program Trade-in Smartphone pada Umumnya

Sayang yang didapat bukanlah uang tunai, melainkan voucer eBay

Glenn Kaonang - 23 October 2018

Seberapa sering Anda berganti smartphone? Dua tahun sekali? Setahun sekali? Pada umumnya, ponsel yang sudah tidak kita pakai bakal kita jual kembali, terutama jika kondisinya masih bagus. Namun terkadang ada juga yang enggan menjual dengan alasan malas menunggu lama.

Belakangan semakin banyak vendor smartphone yang menawarkan program trade-in alias tukar tambah. Program semacam ini tentu bisa menjadi solusi bagi mereka yang tergolong malas tadi, meski biasanya nominal yang didapat tidak terlalu besar (di bawah harga pasaran).

Terkait nominal itu, eBay baru saja menawarkan alternatif yang lebih menarik. Program bernama eBay Instant Selling ini dideskripsikan sebagai cara termudah dan tercepat untuk menjual smartphone bekas, dengan nominal yang diklaim 40% lebih tinggi daripada rata-rata yang ditawarkan sejumlah program trade-in di kawasan Amerika Serikat.

Sebagai contoh, iPhone 8 256 GB bisa dijual dengan harga maksimum $515 lewat Instant Selling. Jauh lebih tinggi daripada nominal yang didapat lewat program resmi Apple Give Back, yang cuma $350. Sayangnya, nominal $515 itu tidak kita dapatkan dalam bentuk uang tunai, melainkan voucer eBay.

eBay Instant Selling

Ya, ketentuan itu pada dasarnya membuat program Instant Selling ini hanya cocok bagi mereka yang memang sering berbelanja di eBay. Kalau Anda termasuk salah satunya, Instant Selling bisa langsung diakses melalui ebay.com/s/phone.

Di situ Anda tinggal mencantumkan informasi ponsel yang hendak dijual, lengkap dengan kondisi kelayakannya untuk menentukan apakah telah memenuhi syarat yang ditetapkan eBay. Setelahnya, eBay akan langsung menampilkan nominal yang mau mereka bayar.

Prosesnya sebenarnya tidak instan-instan amat, sebab penjual juga harus menambahkan foto ponsel sebagai salah satu bukti verifikasi. Terkait pengiriman, eBay akan menyiapkan label pengiriman yang bisa penjual cetak sendiri. Sayang sejauh ini eBay belum merincikan kebijakan mereka apabila ternyata kondisi ponsel aslinya tidak sesuai dengan informasi yang dicantumkan penjual.

Sumber: eBay.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter