6 June 2016

by Yoga Wisesa

ECS Pamerkan Sejumlah Mini PC Liva Baru di Computex 2016

Ada Liva Z, Liva One vPro, dan Liva Pro.

Terkenal berkat motherboard yang handal dan tahan lama, ECS mulai menapaki ranah mini PC sejak 2013. Beberapa produk seperti X2, Core dan One sudah masuk ke Indonesia, dan mereka telah dimanfaatkan di rumah hingga sekolah-sekolah. Dan buat memeriahkan Computex 2016, Elitegroup Computer Systems memperkenalkan sejumlah mini PC baru di keluarga Liva.

Layaknya produk sejenis, Liva mewarisi aspek positif dan negatif mini PC. Pemakaiannya memang ringkas, namun keluarga Liva tidak mudah di-upgrade. Bermaksud memberikan alternatif yang lebih fleksibel, ECS memperkenalkan varian Pro beberapa minggu silam, lalu disusul pengungkapan Liva Z tepat saat Computex 2016. Pro mengusung motherboard mini STX dengan volume 1,3-liter, sedangkan Z ditenagai SoC Intel teranyar.

Liva Z

Liva Z dan modul tambahannya.

Merupakan salah satu sistem yang bersandar pada Intel Apollo Lake (penerus Braswell), Liva Z akan tersedia dalam pilihan chip Celeron atau Pentium. Liva Z di Computex 2016 dibekali dua slot memori SO-DIMM DDR3L, penyimpanan eMMC 32GB atau 64GB ditambah slot M.2 untuk SSD, dan memiliki port HDMI, mini DisplayPort, dual Gigabit Ethernet, tiga USB 3.0 dan sebuah USB type-C.

Kira-kira sebesar ini jadinya saat modul tambahan dipasangkan ke Liva Z.

Ukurannya sangat mungil, berdimensi 117x128x28,7mm dengan tubuh plastik hitam berpola melingkar, dan Anda bisa membubuhkan modul tambahan di bawah mini PC untuk memperluas konektivitas serta penyimpanan. ECS tak lupa menyediakan tipe Z lain, memiliki desain yang sedikit lebih konservatif plus sepasang antena. Volumenya lebih besar dan ia lebih cocok dimanfaatkan sebagai embedded system.

Liva One vPro

Liva One vPro ialah update dari versi One sebelumnya.

Versi update dari One ini berpenampilan lebih besar dari Z, memberikan tempat bagi ECS buat membubuhkan drive 2,5-inci, enam port USB 3.0, dua USB 2.0, DisplayPort, HDMI, VGA, ditambah dan menjadi rumah prosesor Intel Skylake. Tersedia pula optical disk drive opsional, dapat Anda sematkan di sisi atas/samping casing.

Liva Pro

Casing Liva Pro didesain oleh Silverstone.

Penggunaan motherboard mini STX membuat Liva Pro lebih kecil 29 persen dibanding mini PC mini ITX biasa. Tipe ini terbilang spesial karena merupakan buah karya dari kolaborasi Elitegroup bersama tim Silverstone. Casing aluminium kustom Pro memungkinkan ECS untuk membenamkan prosesor Intel Skylake, memori SO-DIMM DDR4 hingga 32GB, juga menyematkan drive 2,5-inci, port HDMI, DisplayPort, tiga USB 3.0, serta dua USB 2.0.

Motherboard mini STX yang digunakan dalam Liva Pro.

ECS memang belum siap memberi tahu kapan ketiga produk tersedia di Indonsia, tapi dari bincang-bincang singkat bersama marketing manager May Chuang, Z, Pro, dan One vPro akan menyusul para pendahulunya; dan Elitegroup kembali menargetkan end-user dan institusi pendidikan.