19 March 2015

by Oki Rosgani

ECS Rilis Dua Buah Mini-PC yang Diotaki Prosesor Intel

Bagi sebagian pengguna komputer di tanah air, terutama bagi mereka yang sering merakit PC desktop, nama ECS (Elitegroup Computer System) mungkin sudah tidak asing ditelinga karena ia sangat dikenal sebagai produsen motherboard dan beberapa komponen untuk PC.

Seiring dengan banyaknya produsen yang merilis produk PC berukuran mungil, ECS salah satu perusahaan komputer yang berbasis di Taiwan ini telah pula merilis produk PC desktop berukuran mungil (mini-PC) yang mereka sebuat dengan model Liva.

Versi perdana dari lini produk Liva besutan ECS ini pernah diumumkan pada perhelatan Computex yang berlangsung di Taiwan pada 2014 lalu, kala itu ECS telah memperkenalkan sebuah perangkat PC desktop mungil bernama ECS ELite Liva Mini PC, dengan dimensinya yang hanya 4.6 x 2.8 × 2.2 inci.

Perangkat dekstop PC ini memiliki ukuran sangat kompak sehingga ia tidak banyak memakan ruang ketika disimpan diatas meja serta memiliki kemudahan untuk dibawa-bawa.

Informasi Menarik:Paperweight Dari Paperspace Ialah PC Berukuran Biskuit Berbekal Cloud

Kini ECS kembali merilis varian baru dari lini produk Liva, versi teranyarnya tidak hanya hadir dengan desain yang lebih segar, tapi sisi spesifikasinya juga telah ditingkatkan agar bisa memberikan performa yang lebih baik dengan sokongan prosesor Intel terbaru yang jauh lebih bertenaga.

Menariknya, ECS tidak hanya memperkenalkan satu model saja namun ada dua model di ajang CeBIT 2015 yang berlangsung di Jerman pada tanggal 16 hingga 20 Maret 2015. Liva model baru bernama Liva One juga bahkan telah disiapkan untuk melenggang ke pasaran pada kuartal ke empat tahun 2015 nanti.

Kedua model yang telah hadir saat ini adalah ECS Liva Core dan ECS Liva X². Model yang disebutkan pertama memiliki chipset Intel Core M Broadwell, sedangkan untuk model yang disebutkan terakhir telah dijejali dengan chipset Intel Braswell yang memiliki performa sedikit dibawah Broadwell. Kedua model ini juga mampu untuk menjalankan sistem operasi Windows 7, Windows 8.1 dan bahkan Windows 10.

Informasi Menarik: 10moons D9i, Mini PC Dua Sistem Operasi Dengan Harga di Bawah US$ 100

Kendati mengusung performa chipset yang berbeda namun kedua chipset tersebut menggunakan basis arsitektur 14-nm yang dipercaya sangat irit dan efisien dalam penggunaan daya, serta memiliki dukungan grafis yang lebih baik dan mampu memberikan kinerja komputasi yang sangat mumpuni dalam membantu pekerjaan penggunanya sehari-hari.

Untuk Liva X², ECS telah menawarkan opsi RAM mulai dari 2GB hingga 4GB dengan media penyimpanan internal mulai dari 32GB hingga 64GB dengan dukungan komponen M.2 SSD. Hadir dengan desain yang sangat manis, Liva X² memiliki bentuk body oval berwarna putih dengan sedikit sentuhan warna silver yang mengelilingi sisi bagian atasnya. Dimensi perangkat ini adalah 5.4 x 3.3 x 1.8 inci.

Terdapat tiga buah port USB 3.0, dua buah port HDMI, jack untuk colokan headphone, slot microSD dan port Ethernet untuk menghubungkannya ke jaringan Internet atau LAN.

Sedangkan model ECS Liva Core memiliki dimensi 5.3 x 3.3 x 1.5 inci, desian lebih kotak yang dibalut dengan paduan casing warna hitam dan abu-abu. Model ini memiliki empat buah port USB 3.0, Gigabit Ethernet, dukungan RAM 4GB serta slot M.2 SDD yang mampu membaca harddisk dengan kapasitas hingga 1TB. Model ini juga hadir dengan dukungan koneksi Bluetooth serta koneksi Wifi 802.11ac.

Inromasi Menarik:CuBox-i, Mini PC Multi OS

Menurut informasi yang kami kutip dari situs Liliputing.com, pengguna bisa mendapakan komputer mungil ini pada bulan Juni 2015 mendatang.

ECS juga kabarnya akan menelurkan varian lain dengan prosesor Intel 'Skylake'. Sayangnya tidak ada informasi mengenai berapa harga jual untuk produk Liva terbaru ini dan ke negara mana saja produk ini akan dikapalkan.

Sumber artikel dan gambar:ixbt.