1. Startup

Educa Studio Kembangkan Aplikasi Koleksi Lagu Anak (KOLAK)

Bekerja sama dengan pencipta lagu Z.P Heru Budhianto untuk berikan kumpulan lagu anak dalam genggaman

Indonesia saat ini bisa dikatakan sedang kekurangan stok lagu anak. Banyak anak-anak di bawah umur dipaksa mengkonsumsi lagu-lagu yang bukan untuk seumuran mereka sehingga mereka terkesan dewasa sebelum waktunya. Menanggapi fenomena ini, pengembang aplikasi asal Salatiga, Educa Studio secara khusus meluncurkan aplikasi Koleksi Lagu Anak (KOLAK).

Educa Studio dalam pengembangan aplikasi ini berkolaborasi dengan pencipta lagu Z.P. Heru Budhianto atau yang lebih akrab disapa Kak Zepe pencipta lagu-lagu yang sudah cukup akrab untuk anak-anak, seperti Kebun Binatang, Kaki Hewan, Binatang Nocturnal, Sifat Air, Akulah Matahari, dan Sebanyak Bintang di Langit.

“Harapan saya, lagu-lagu ini dapat mengajak anak Indonesia untuk bernyanyi dan belajar mengenal keanekaragaman satwa dan keindahan alam yang perlu kita lestarikan bersama,” ujar Kak Zepe.

Melalui lagu yang mendidik dan menggembirakan, anak-anak belajar mengenal kekayaan alam, huruf, angka, dan juga budi pekerti yang baik dengan cara yang selaras dengan perkembangan kognitif dan psikologis anak.

CEO Educa studio Andi Taru dalam keterangan persnya juga mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi anak-anak yang lebih mahir menyanyikan lagu orang-orang dewasa (percintaan, kecemburuan dan perselingkuhan) dibanding dengan lagu-lagu yang pantas untuk seusia mereka.

“Keprihatinan inilah yang mendorong kami untuk membuat KOLAK. Kami ingin mengimbangi konten musik yang ada dengan lagu-lagu anak nusantara yang baru, ceria, dan bermanfaat,” jelas Andi.

Dalam aplikasi KOLAK nantinya akan terdapat kumpulan lagu-lagu anak yang didesain dengan tampilan yang menarik dilengkapi dengan audio visual dan gambar animasi yang bisa membuat kegiatan menyanyi bersama anak-anak lebih menyenangkan.

Semua fitur yang ada di dalam aplikasi KOLAK dapat dimanfaatkan secara gratis hanya dengan mengunduh aplikasi KOLAK di Google Play.

“Kami berharap KOLAK dapat dimanfaatkan oleh orangtua, sekolah, dan guru sebagai sarana untuk mengakrabkan anak-anak dengan lagu-lagu yang sesuai dengan perkembangan usia mereka,” lanjut Andi.

Ke depan untuk memberikan yang terbaik bagi penggunanya, Educa Studio berencana untuk menambah koleksi lagu terbaru KOLAK dengan mengangkat lebih banyak tema menarik dan meningkatkan standar rekaman sehingga kualitas suara bisa lebih baik.

Aplikasi KOLAK saat ini dikembangkan menggunakan Intel NDK dan juga mendapat dukungan dari platform Dicoding. Seperti yang diutarakan CEO Dicoding Narenda Wicaksono, pihaknya senaniasa menjembatani kebutuhan masyarakat dengan berbagai macam solusi teknologi hasil karya pengembang aplikasi lokal.

“Dicoding berkomitmen untuk menjembatani kebutuhan masyarakat dengan solusi teknologi tepat guna hasil karya developer lokal. Kami ingin agar karya-karya unggul developer lokal dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk Indonesia,” ungkap Narenda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again