Ajang pencarian startup teknologi paling eksklusif, Seedstars World Jakarta (SSW Jakarta) telah usai. Setelah melalui proses penjurian lebih lanjut terhadap 16 startup yang berhasil masuk ke tahap final beberapa waktu lalu, SSW Jakarta resmi mengumumkan jawara startup terbaik yang akan mewakili Indonesia dalam final SSW di Jenewa, Swiss pada Februari 2015 mendatang.

Diumumkan hari ini (15/9), tiga startup lokal terbaik yang berhak meraih podium tertinggi ialah: eFishery sebagai juara pertama, KitaBisa di juara kedua, dan Tinker Games yang sukses meraih juara ketiga. Penjurian dilakukan oleh tujuh orang yang datang dari kalangan profesional seperti Julien Berthomier (Organizer of SSW), Raphael Dana (CEO Galixo), Shinta Danuwardoyo (Founder Bubu, Nusantara Ventures), Diyanto Imam (Executive Director Inotek Foundation), Calvin Kizana (Founder & CEO PicMix), dan Hary Candra (Founder PesonaEdu).

Catatan khusus disematkan kepada sang juara pertama, eFishery. Tahun 2014 mungkin menjadi tahun yang menyenangkan bagi startup yang berasal dari Bandung tersebut, betapa tidak sebelum meraih posisi tertinggi di SSW Jakarta, eFishery sebelumnya juga berhasil menjuarai kompetisi Get In The Ring Indonesia 2014 dan berkesempatan pula untuk menjadi peserta internasional yang mewakili Indonesia di ajang startup internasional.

Lantas mengapa eFishery kerap berhasil menjadi favorit di ajang startup bertaraf internasional? Produknya yang prima dan menawarkan solusi tepat bisa dikatakan menjadi sebab eFishery berhasil mengungguli peserta startup lainnya. eFishery sendiri merupakan alat pemberi pakan otomatis bagi ikan dan biota perikanan lain yang dapat dilakukan secara remote dengan hanya melalui perangkat ponsel atau tablet yang terhubung dengan internet.

Selain menawarkan kemudahan, startup yang digawangi oleh Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy ini memberikan solusi perihal jadwal pakan ikan agar tepat waktu serta fasilitas real-time monitoring yang dapat dipantau kapan saja. Potensi pasarnya jelas tak hanya pada pemelihara ikan semata, namun juga dapat dimanfaatkan oleh para petani ikan yang membutuhkan solusi tersebut. Produk eFishery sendiri berbentuk menyerupai mesin khusus pemberi makan yang memasang sensor pembaca nafsu makan ikan. Sensor nantinya akan mengirimkan waktu makan ikan ke perangkat pengguna dan kemudian langsung bisa diberi pangan cukup hanya dengan mengakses situs eFishery.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, dengan mengusung produk yang sedemikian rupa, eFishery akan diterbangkan ke Jenewa, Swiss untuk sekali lagi mewakili Indonesia dalam ajang final SSW yang akan diadakan pada bulan Februari 2015 mendatang dan berkesempatan untuk mendapatkan hadiah utama berupa dana pengembangan yang mencapai sebesar $500.000 atau setara dengan hampir mencapai Rp 6 milyar.

Mampukah eFishery berhasil mencapai puncak kemenangan tertinggi pada ajang final SSW nanti? Kita tunggu saja kiprahnya di tahun depan.

[foto: Dok. DailySocial]

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.