Categories

Berita

eFishery Klarifikasi Pemberitaan Kompetisi Global Entrepreneurship Summit 2015

eFishery bukanlah pemenang kompetisi, hanya peserta sesi pitching

Yenny Yusra - 27 July 2015

Startup pemberi makan ikan otomatis eFishery menyampaikan klarifikasi terhadap pemberitaan media Kenya Mediamax tentang keikusertaan startup ini dalam Global Entrepreneurship Summit (GES) 2015 yang berlangsung di Nairobi, Kenya. Mereka menyebutkan bahwa startup-nya bukanlah pemenang kompetisi yang diadakan dalam ajang tersebut dan hanya menjadi bagian peserta sesi pitching.

Sebelumnya Mediamax memberitakan bahwa eFishery berhasil memenangkan kompetisi dalam ajang GES 2015 yang juga dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Disebutkan bahwa CEO Cybreed, pembuat eFishery, Gibran Huzaifah Amsi El Farizy dalam presentasinya menyisihkan enam finalis lain dan memperoleh hadiah $10 ribu.

Gibran yang dikonfirmasi DailySocial tentang hal ini mengklarifikasi, "Kelihatannya ada salah informasi, karena kami bukan menang kompetisi di GES. Saya hanya peserta summit aja. Kebetulan di summit ada sesi pitching sebagai bagian dari sesi acara. Jadi bukan kompetisi."

Sebelumnya eFishery sempat mengharumkan nama Indonesia di kancah kompetisi startup internasional setelah memenangkan Get in The Ring 2014 yang berlangsung di Rotterdam. eFishery menawarkan mesin pemberi makan yang mampu dikontrol dengan sensor untuk menjadwalkan waktu makan ikan. Mengusung semangat perangkat Internet of Things, pengguna mengontrol kegiatan ini melalui situs eFishery yang bisa diakses dari desktop, tablet, atau ponsel.

Selama ini Gibran mengaku bahwa eFishery tidak pernah secara sengaja mendaftar kompetisi. eFishery bahkan didaftarkan oleh Bank Mandiri selaku pembinanya untuk kompetisi Get in The Ring tersebut. Selain Get in The Ring, eFishery juga memenangkan kompetisi Seedstars Jakarta 2014.

“Termasuk di GES 2015 ini, saya sebagai undangan yang tidak mengajukan pendaftaran. Cuma, keputusan kami untuk lanjut biasanya melihat kualitas kompetisinya, skala, serta potensi dampak yang bisa dihasilkan dari sana,” ujarnya.

Selain potensi dana segar jika menjadi pemenang, mengikuti ajang kompetisi bagi eFishery menjadi kesempatan validasi ide, penjajakan potensi pasar, dan menarik minat investor.

Setelah mendapat pengakuan di berbagai kompetisi, saat ini fokus eFishery adalah pengembangan pasar. Saat ini Produk eFishery sudah tersedia di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatra, dan Gibran menyebutkan tahun ini mereka berencana untuk berekspansi ke Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter