1. DScovery

Efisien: Pengertian, Contoh, dan Perbedaanya dengan Efektif

Efisien adalah maksimalisasi hasil kerja dengan sumber daya yang terbatas baik berupa uang, tenaga maupun waktu.

Mendengar kata efisien mungkin terdengar asing di telinga kita, namun bagi sebagian orang kata efisien sering dikaitkan dengan waktu. Ada juga yang percaya bahwa efisiensi adalah sesuatu yang dapat dicapai melalui keinginan. Lalu apakah kata efisien selalu dikaitkan dengan waktu? Atau bahkan sebaliknya.

Untuk melakukan itu pertama-tama seseorang harus memahami apa yang efektif dan membedakan antara arti efektif dan efisien. Jangan khawatir, kita akan membicarakan semuanya nanti. Terutama bagi kamu yang ingin mengetahui arti efektif. Mari simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Efisien

Efisiensi dapat diartikan sebagai cara untuk mencapai tujuan yang optimal (cepat dan tepat) dan dengan cara yang diinginkan dengan meminimalkan sumber daya yang digunakan. Sumber daya yang dipertaruhkan adalah orang, uang, dan waktu. Gunakan untuk menghindari pemborosan.

Pada penjelasan sebelumnya, efisiensi mengacu pada waktu. Memang benar karena seseorang yang bekerja secara tidak langsung memperhatikan segala aspek, termasuk waktu. Selain itu, efisien juga dapat diartikan sebagai pengendalian yang dominan.

Pengertian Efisien Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki gagasan tentang arti kata efisien. Berikut rangkuman pengertian efisien dari para ahli:

  • Efisiensi adalah upaya untuk mencapai tujuan yang maksimal dengan meminimalkan penggunaan sumber daya.
  • Efisiensi adalah penggunaan sumber daya seperti biaya, waktu, dan usaha atau energi untuk mencapai tujuan saat melakukan aktivitas.
  • Efisiensi adalah kemampuan untuk melakukan suatu kegiatan atau usaha dengan sedikit biaya, waktu dan tenaga untuk mencapai hasil atau tujuan yang maksimal.
  • Efisiensi adalah cara atau kemampuan untuk mencapai hasil dan tujuan yang maksimal dengan sedikit atau sedikit sumber daya. Agar tidak menghabiskan terlalu banyak uang, tenaga dan waktu.
  • Efisiensi adalah cara yang tepat untuk menghasilkan tujuan secara maksimal dari apa yang diinginkan atau diinginkan.
  • Efisien adalah cara mencapai tujuan dengan harga yang sama tetapi tujuan atau hasil yang maksimal.

Contoh Kegiatan Efisiensi

  1. Efisien dalam bekerja

Misalnya, suatu pekerjaan dapat dilakukan dengan dua cara, sebut saja Metode A dan Metode B. Dengan Metode A, pekerjaan dapat dilakukan dalam waktu singkat, tetapi harus dipelajari terlebih dahulu.

Metode B membutuhkan waktu lebih lama untuk diterapkan, tetapi kamu akan terbiasa. Di sinilah Metode A dianggap lebih efektif daripada Metode B, sehingga menjadi pilihan. Dengan Metode A, kamu dapat mempelajari lebih banyak dan menghabiskan lebih banyak waktu pada awalnya, tetapi lebih cepat untuk diproses lebih lanjut. Tentunya dengan memilih cara yang lebih efisien ini, karyawan bisa lebih produktif dan hemat waktu dan tenaga.

  1. Efisien dalam waktu

Tono dan Toni ingin membeli makanan dari toko yang sama, yang jaraknya cukup jauh dari rumah mereka. Tono menggunakan kendaraan tersebut untuk pergi ke restoran sementara Toni memesan secara online di ponselnya. Di era perkembangan teknologi, cara yang dilakukan Toni dinilai lebih efisien karena tidak perlu membuang tenaga saat keluar rumah. Belum lagi penawaran diskon yang bisa dipertimbangkan sebelum memesan secara online.

  1. Efisien dalam bisnis

Efisiensi bisnis umumnya bertujuan untuk menggunakan sumber daya sebaik mungkin seefisien mungkin. Efisiensi ekonomi dapat dicapai ketika pendapatan melebihi biaya. Untuk mencapai efisiensi, biaya produksi perusahaan harus serendah mungkin di pasar. Misalnya, upaya peningkatan efisiensi di perusahaan biasanya dikaitkan dengan penurunan produksi.

Namun, perusahaan juga harus memastikan dapat mencapai hasil yang lebih dengan biaya tersebut. Ini berarti bahwa dana tidak boleh disia-siakan dengan biaya berapapun.

  1. Efisien dalam pelatihan

Kinerja juga diperlukan dalam pelatihan, misalnya untuk menentukan mata kuliah SKS atau belajar di tahap awal. Siswa yang mengikuti ujian dapat memilih keduanya.

Tentu saja, secara teori efisiensi, sistem pembelajaran yang memahami materi jauh lebih baik daripada SKS. Studi pendahuluan mengkonsumsi lebih sedikit energi, tetapi memberikan hasil yang optimal.

Perbedaan Efisien dengan Efektif

Sebagian orang masih bingung mengenai arti efektif dan efisien. Keduanya sering merujuk pada hal yang sama. Khususnya dalam dunia kerja, arti efisiensi dan efektifitas sering digunakan untuk mengukur kinerja manusia. Tak ayal, dua kata ini menjadi satu kolaborasi yang sulit dipisahkan. Namun pada kenyataannya, itu memiliki arti yang berbeda.

Berikut adalah beberapa perbedaan mendasar antara efektif dan efisien:

Perbedaan dari segi aksi/Pekerjaan:

  • Efektif yakni bertindak sesuai dengan apa yang direncanakan.
  • Efisien adalah bekerja dengan sumber daya dan energi yang memadai tanpa pemborosan.

Perbedaan dari segi pencapaian tujuan:

  • Mampu secara efektif mencapai tujuan (objectives) yang maksimal sesuai dengan apa yang direncanakan.
  • Efisiensi dapat mencapai hasil yang lebih optimal dengan penghematan biaya, tenaga atau waktu.

Oleh karena itu, tidak setiap proses yang efektif pasti efisien, begitupun sebaliknya. Jadi betapa pentingnya mengkoordinasikan keduanya, sehingga bertindak efektif dan efisien. Sehingga setiap tujuan individu dan organisasi tercapai sesuai rencana.

Demikianlah penjelasan kami mengenai efisien dari pengertian, contoh, hingga perbedaanya dengan efektif. Semoga artikel di atas dapat membantumu!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again