Setelah sukses menghadirkan layanan on-demand untuk pengantaran makanan Delifairy, Aprianto kini mengembangkan sebuah konsep baru periklanan di Kota Pontianak. Lewat layanan barunya bernama Eggclan, ia coba mengakomodasi model iklan di Pontianak berupa media offline yang dimaksimalkan melalui perangkat online.

Konsep yang ditawarkan Eggclan ini unik dan baru di Pontianak –kendati di kota besar di Jawa juga sudah banyak diimplementasikan, misalnya yang dilakukan Sticar—produk klien diiklankan di atas motor yang mengelilingi titik tertentu di Pontianak pada jam sibuk. Apri beralasan karena mobilitas motor di Pontianak lebih tinggi dibanding mobil. Eggclan juga mencoba memberi kesempatan para pengiklan mikro dan UMKM dengan harga terjangkau, karena selama ini iklan melalui billboard biayanya mahal dan tidak efektif menjangkau konsumen.

Saat ini layanan Eggclan sudah launching, namun masih dengan akses yang terbatas untuk klien tertentu saja. Rencananya akan dilakukan grand launching pada awal 2018 mendatang.

Dalam menjalankan proses bisnis, Eggclan memiliki tiga mekanisme, yaitu:

  1. Pure rider yang memang direkrut menjalankan iklan. Klien bebas mengatur mereka mau jam berapa  dan rutenya di mana saja
  2. Bermitra dengan ojek online yang jarak tempuhnya lebih dari 20 kilometer sehari.
  3. Sosialisasi lewat angkutan umum seperti angkot.

Eggclan menawarkan keuntungan dari sisi klien, rider, dan konsumen dengan melakukan soft selling, salah satunya dengan melibatkan pengguna untuk mengisi survei yang tersedia di aplikasi Eggclan dan diberi giveaway menarik dari klien. Klien juga dapat menelusuri jejak dan rute para rider yang mengiklankan produk mereka, serta bisa berkomunikasi langsung dengan para rider. Klien juga dapat menelusuri check point para rider lewat aplikasi.

Dari sisi rider, aplikasi Eggclan menyediakan keakuratan informasi di lapangan sesuai keinginan klien. Semua dilakukan secara real time. Rider akan mendapat pembayaran sesuai dengan kontrak iklan yang mereka dapat dalam sehari. Fitur check point menawarkan jasa kepada klien dan kebebasan dalam menentukan rute. Rider dapat menjelaskan dengan baik setiap iklan klien kepada konsumen.

“Ketika ada klien yang ingin meluncurkan produk, brand awareness, atau grand opening, kita dapat kerahkan 30-50 reader secara bersamaan yang disesuaikan dengan budget klien,” jelas Apri.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.