19 January 2016

by Yoga Wisesa

Ekspansi ke Ranah Gaming, AOC Perkenalkan Monitor Spesialis Esport G2460PF

Elemen andalan di G2460PF adalah kehadiran AMD FreeSync dengan refresh rate 144Hz.

Ketika merakit PC, mayoritas gamer akan segera menentukan hardware-hardware utama yang memengaruhi performa - contohnya GPU, CPU dan motherboard. Tapi pada prakteknya, display terbukti sebagai investasi jangka panjang karena umurnya lebih awet dibanding komponen internal. Dan saat ini, konsumen dimanjakan dengan bermacam-macam pilihan monitor gaming.

Merupakan pemain besar dalam penyediaan display untuk individu dan bisnis, AOC mengumumkan ekspansi ke pasar gaming. Sebagai langkah awal mereka, AOC fokus pada segmen esport, salah satunya melalui monitor G2460PF. Berdasarkan penuturan dari produsen asal Taiwan itu, beberapa tahun terakhir ini permintaan produk pendukung performa gaming meningkat pesat, khususnya di lini kompetitif. AOC dengan sigap menjawabnya.

AOC G2460PF hanyalah satu dari sejumlah monitor yang mereka sediakan untuk gamer. Ia mempunyai panel seluas 24-inci dengan penampilan khas gaming: frame hitam ber-finishing brushed, dipadu garis merah melintang di sisi bawah monitor. Tombol-tombol setting diposisikan di tempat familier, dan kita turut disuguhkan dua speaker 2-watt. Jika Anda menginginkannya, G2460PF bisa dimiringkan 90 derajat.

Elemen andalan di G2460PF adalah kehadiran AMD FreeSync dan refresh rate 144Hz. Teknologi FreeSync diramu untuk menyingkirkan efek stuttering atau kesan tidak lancar akibat frame rate yang rendah atau tidak stabil. Via kombinasi software dan hardware, FreeSync memungkinkan GPU (atau APU) mengendalikan langsung update rate ke monitor. Jadi walaupun cuma menikmati 40fps, permainan tetap berjalan mulus.

Faktor kenyamanan juga terbantu melalui refresh rate 144Hz, dan dukungan teknologi flicker-free, sangat berjasa mengurangi rasa lelah pada mata. AOC G2460PF memiliki rasio aspek 16:9, dengan level kecerahan 350-cd/m2, rasio kontras 80,000,000:1, waktu respons 1-milidetik, dan menyuguhkan resolusi maksimal 1920x1080-pixel. Mungkin Anda mengharapkan angka yang lebih tinggi, tapi full-HD masih jadi resolusi paling optimal di kelas esport.

AOC tak lupa menyematkan konektivitas-konektivitas fisik, antara lain satu port HDMI, sepasang port USB 3.0, dua buah USB 2.0, serta satu DP in. Sayangnya tidak ada port audio di sana.

"Tidak sedikit tim-tim esport Indonesia yang berprestasi hingga skala Internasional, [hal] ini berdampak bagus pada kebutuhan terhadap produk-produk IT khusus Gaming yang mendukung skill pemainnya, salah satunya [ialah] monitor gaming." ucap Ray Dimas dari AOC Monitor Indonesia melalui press release.

Rencananya jajaran monitor gaming AOC akan masuk ke nusantara di bulan Maret 2016, termasuk AOC G2460PF.