Categories

Gadget

Eksplorasi 5 Fitur Cerdas OPPO Reno6 Dalam Kehidupan Sehari-hari

Reno6 menjalankan sistem operasi ColorOS terbaru versi 11.1 berbasis Android 11 dengan seabrek fitur

Lukman Azis - 5 August 2021

OPPO Reno6 adalah smartphone kelas menengah kekinian yang serbabisa dan lengkap fiturnya. Perangkat ini menjalankan sistem operasi ColorOS terbaru versi 11.1 berbasis Android 11 dengan seabrek fitur yang membuatnya dapat diandalkan untuk mempermudah aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, bukan hanya punya desain ramping nan stylish dengan kamera dan performa yang mumpuni, OPPO Reno6 juga menawarkan penggunanya dengan hal-hal baru. OPPO membekali Reno6 dengan sejumlah fitur cerdas yang mana bila dioptimalkan dapat meningkatkan pengalaman penggunaan secara signifikan.

 

1. Air Gestures

Mari mulai dari Air Gestures, fitur ini memungkinkan kita mengontrol Reno6 menggunakan pengenalan gerakan tanpa perlu menyentuhnya. Air Gestures dapat diaktifkan pada menu settings > convenience tools > gestures & motions.

Untuk saat ini, fungsi yang ditawarkan oleh Air Gestures memang masih terbatas. Seperti untuk menggulirkan dari jauh ke atas dan ke bawah pada aplikasi tertentu yaitu TikTok, YouTube, dan Facebook, serta menjawab panggilan telepon masuk.

Cara menggunakannya dekatkan telapak tangan pada jarak 20-40 cm ke Reno6. Tunggu sampai ikon tangan muncul di layar, setelah itu barulah lambaikan tangan ke atas atau ke bawah.

2. Adaptive Sleep & Anti-peeping

Kamera depan 44MP milik Reno6 dilengkapi dengan algoritma penginderaan cerdas berbasis AI yang dapat mendeteksi keberadaan pengguna. Dengan fitur Adaptive Sleep, layarnya tidak akan meredup atau terkunci saat pengguna masih menatap layar.

Selain itu, fitur anti-peeping juga dapat secara otomatis mendeteksi jika ada orang lain di sekitar Anda mencoba mengintip isi smartphone. Setelah diaktifkan, maka notifikasi pop-up yang masuk dapat secara otomatis menyembunyikan detail ketika ada orang lain yang kepo.

3. O Relax

Menghadapi masa pandemi yang panjang, kondisi fisik dan metal harus selalu dijaga. Sangatlah penting memiliki pemikiran yang sehat, karena kondisi mental yang baik menjadi daya tahan dari tubuh itu sendiri.

Pada Reno6, OPPO menghadirkan aplikasi bawaan unik bernama O Relax yang berisi serangkaian suara menenangkan yang dapat membantu pengguna mengurangi kecemasan, menambah fokus, atau pendamping kala tidur. Ada beberapa kategori yang tersedia, mulai dari ambient sound, music, coloured noise, tuned in colour, dan sebagainya.

Pada versi terbarunya menampilkan The Sounds of the Cities, White Noise Customization, dan mini game penghilang stres. Saat pertama kali mencobanya, saya dibuat terkejut karena setiap suara dilengkapi dengan visual yang terlihat menyenangkan.

4. Freeform Screenshots

Mengambil screenshot di Reno6 sangat mudah, bisa menggunakan cara klasik dengan menekan kombinasi tombol power dan volume bawah atau mengusap layar ke bawah pakai tiga jari. Tak sampai disitu, lewat fitur free screenshot, pengguna juga bisa memilih berbagai bentuk seperti kotak, persegi bahkan bentuk bebas.

Setelah memilih area tangkapan layar, akan muncul menu 'terjamahan' di bagian atas. Di mana akan mengaktifkan Google Lens yang dapat membantu menerjemahkan konten ke lebih dari 100 bahasa.

5. Private System

Bagi yang sangat peduli dengan privasi dan keamanan di smartphone, dengan Reno6 Anda dapat membuat clone system yang hanya dapat diakses oleh pemilik. Misalnya pada sistem kedua ini bisa didedikasikan untuk aplikasi-aplikasi yang sensitif seperti keuangan atau data yang bersifat pribadi.

Cara mengaktifkannya, buka settings > privacy > system cloner. Ikuti petunjuknya, buat password baru yang berbeda dari sistem utama dan mendaftarkan sidik jari yang berbeda pula. Misalnya Anda bisa menggunakan jempol tangan kanan untuk sistem utama dan jempol kiri untuk sistem kedua. Ketika smartphone terkunci, Anda bisa beralih antara kedua sistem hanya dengan menempelkan sidik jari saja.

OPPO sangat memahami pentingnya peran smartphone dalam kehidupan, Reno6 dengan ColorOS 11.1 berbasis Android 11 sangat kaya fitur yang mana bila dioptimalkan dapat membantu aktivitas sehari-hari. Kuncinya Anda harus mengeksplorasi dan mencoba hal-hal baru yang ditawarkan oleh Reno6.

Sekedar pengingat, Reno6 dibanderol Rp5.199.000 di Indonesia. Ia dijuluki sebagai AI Portrait Expert dan mengunggulkan fitur Bokeh Flare Portrait Video yang membuat pengguna Reno6 dapat menghasilkan video dengan efek bokeh sinematik. Dapur pacunya mengandalkan chipset Snapdragon 720G yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan penyimpanan 128GB yang dilengkapi fitur extended RAM, serta baterai 4.300 mAh dengan fast charging 50 W.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter