Categories

Berita

Penyedia Solusi Platform Mobile Elasitas Gandeng Gemalto Kembangkan BackApp

Layanan backup data ponsel, ditargetkan akan digunakan 40 juta pelanggan di Indonesia

Randi Eka - 19 June 2015

Gemalto sebagai salah satu penyedia produk keamanan digital dunia telah menjalin kerja sama dengan Elasitas untuk menyediakan layanan SaaS (Software as a Service) backup data bagi pengguna perangkat mobile di Indonesia. Layanan tersebut akan didasari oleh platform LinqUs Smart Backup. Produk tersebut akan beredar degan nama “BackApp”, sebagai sebuah layanan backup dan cloud access untuk platform Android dan iOS.

Layanan bakcup tersebut memungkinkan pengguna untuk menyalin data di smartphone ke cloud, sehingga data dapat digunakan lagi ketika berganti ponsel. Selain itu juga akan disediakan layanan cloud access untuk memungkinkan pengguna mengakses data yang dimiliki dari berbagai perangkat komputasi. Layanan sinkronisasi dan bakcup yang disediakan diklaim akan mampu beroperasi lintas platform. Berbagai berkas seperti kontak, musik, gambar, dokumen dan sebagainya mampu dipindahkan meskipun pada perangkat yang berbeda.

Elasitas sendiri merupakan sebuah perusahaan yang fokus pada pengembangan solusi mobile di Indonesia dan banyak melayani kebutuhann platform aplikasi mobile dan web bagi penyedia layanan operator. Elasitas sendiri menargetkan 40 juta pelanggan di Indonesia akan menggunakan layanan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, CEO Elasitas Atrhur Surya mengatakan:

“Perangkat mobile berisi harta karun dair pengalaman pribadi. Mulai pesan dari teman, musik favorit, dan video favorit, kita membentuk ikatan emosional dengan ponsel yang kita miliki. Solusi Gemalto adalah solusi yang mudah digunakan yang dapat memanjakan pelanggan kami dengan layanan backup untuk mengelola kontak hingga konten multimedia. Ini adalah aplikasi yang scalable dan reliable, dan memungkinkan pelanggan operator kami memperluas footprint ke basis pelanggan yang lebih luas.”

Disampaikan oleh Michael Au selaku Presiden Gemalto untuk wilayah Asia Selatan dan Jepang, survei yang pernah dilaukannya menemukan fakta bahwa 80 persen dari pelanggan ponsel akan menggunakan layanan backup data berbasis cloud jika ditawarkan oleh operator mereka. Di pasar seperti Indonesia tempat penetrasi smartpohne sangat meledak, banyak orang dan pelaku usaha mengandalkan integritas kontak di buku telpon mereka.

Belum bisa diinformasikan juga bagaimana sistem backup tersebut bekerja dari hulu ke hilir, karena aplikasi tersebut saat ini belum bisa digunakan oleh publik. Kami juga belum mengetahui apakah akan di-bundling dengan paket internet dari operator atau tidak, melihat Elasitas yang memiliki banyak klien operator telekomunikasi. Terlebih solusi cloud yang banyak ditawarkan secara gratis, seperti Google Drive, OneDrive, hingga DropBox juga menawarkan solusi yang sama untuk sinkronisasi data dari perangkat smartphone ke cloud.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter