Categories

Interview

Elevenia Capai Penjualan 100 Miliar Rupiah di Bulan Juni 2015

Kategori gadget masih menjadi primadona, disusul oleh kategori fashion

Michael Erlangga - 2 July 2015

Meski masih seumur jagung, Elevenia mampu terus bertumbuh yang ditunjukkan oleh capaian Gross Merchandise Volume (GMV) atau total penjualan sepanjang Mei dan Juni 2015. Di bulan Mei Elevenia membukukan GMV 87 miliar Rupiah, sementara di bulan Juni mencapai 100 miliar Rupiah.Progres tersebut diproyeksikan akan meningkat di bulan Juli ini mengingat promo yang kini dijalankan demi menyambut hari raya Idul Fitri.

Ditemui kemarin malam (1/6) dalam sesi diskusi ringan bersama DailySocial, VP Marketing Elevenia Madeleine (Mads) Ong De Guzman memaparkan data menarik dalam pencapaian singkat platform marketplace Elevenia yang menurutnya suatu berkah Ramadhan.

“Kami mencapai Rp 100 miliar dalam transaksi selama bulan Juni saja. Gadget menjadi kategori terlaris kami sejauh ini, namun kategori fashion menunjukkan potensi yang sangat memperhitungkan,” ucap Mads.

Rata-rata transaksi per hari disebutkan menyentuh angka 10 ribu transaksi. Mads berujar terkadang 8 hingga 11 ribu transaksi berhasil dibukukan oleh pihaknya. Hari Selasa kemarin (30/6), sebagai penutup JGOS (Jakarta Great Online Sale), Elevenia mencatat 15 ribu transaksi yang dilakukan dalam sehari di platform desktop saja.

Seirama dengan pemain e-commerce lain, kategori gadget memang menjadi primadona di kalangan para pembeli, tak terkecuali Elevenia. Di kuartal kedua tahun ini Mads memaparkan kategori fashion menggeser tahta kategori voucher di nomor urut kedua kategori terlaris Elevenia. Tren ini nampaknya akan tetap stabil mengingat hari raya Idul Fitri akan segera tiba.

Secara keseluruhan, pihaknya menargetkan peningkatan signifikan GMV dan peningkatan kunjungan melalui aplikasi mobile di bulan Juli hingga September.

“Kami memiliki sekitar 23 ribu merchant terdaftar di Elevenia, sedangkan tim kami hanya berjumlah 163 orang. Bagaimana cara kami untuk memperlakukan mereka satu sama lain untuk mencapai target demi kemajuan bersama menjadi perhatian kami,” tambahnya.

Untuk mencapai serangkaian target maupun pencapaian lainnya, kini Elevenia melakukan review operasional mereka per hari dan per minggu dengan target penjualan sekitar 5 miliar Rupiah per harinya.

Menanggapi isu negatif kasus pembelian gadget ditukar sabun

Ketika disinggung mengenai isu penipuan transaksi online yang dikabarkan melibatkan salah satu karyawan Elevenia, Mads mengkonfirmasi bahwa benar jika yang bersangkutan merupakan pegawai Elevenia. Meskipun demikian Mads menampik adanya tindakan black campaign seperti yang disinyalir di media sosial.

“Ya, dia adalah salah satu dari kami, tetapi hal tersebut murni pengalaman pribadi tanpa adanya campur tangan dari Elevenia. Saya sudah menghubungi pihak Lazada dan kami telah melakukan tindakan. Semoga kesalahan seperti ini tidak terulang lagi, karena berita ini tidak hanya melukai satu orang saja, tapi seluruh pihak yang terlibat dalam industri yang sedang tumbuh subur ini,” jelasnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter