Email Marketing Sebagai Salah Satu Tren Strategi Pemasaran Online Tahun 2022

Dari berbagai strategi pemasaran yang bisa digunakan, email marketing jadi salah satu opsi yang lebih efektif untuk mencapai target penjualan.

Dalam sebuah bisnis, perusahaan perlu mengenalkan brand kepada pelanggan untuk menarik penjualan. Tentunya hal ini harus dilakukan melalui tren strategi pemasaran online 2022, tanpa strategi pemasaran sebuah bisnis tidak akan berjalan sesuai dengan target, karena dengan adanya strategi pemasaran, perusahaan akan memiliki fokus untuk menjalankan bisnisnya.

Apa itu strategi pemasaran online?

Strategi pemasaran adalah sebuah rencana atau strategi yang digunakan perusahaan untuk memperkenalkan brand-nya baik barang atau jasa yang diproduksi kepada khalayak untuk mencapai penjualan dan keuntungan. 

Strategi pemasaran juga memiliki durasi waktu yang lama atau berjangka panjang, karena strategi pemasaran berfungsi untuk memastikan bisnis yang dikelola bisa terus bergerak stabil dan berkembang dalam penjualannya. Sehingga, strategi pemasaran ini harus dilakukan secara matang dan poin plusnya strategi pemasaran juga akan membantu perusahaan untuk menentukan produk unggulannya.

Untuk melakukan strategi pemasaran, sebuah bisnis harus memperhatikan 4P yaitu price (harga), product (produk), place (tempat), dan promotion (promosi). Keempat aspek ini jika dikelola dengan baik bisa meningkatkan penjualan dan loyalitas pelanggan.

Selain empat aspek tersebut juga ada beberapa cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk mengatur strategi pemasaran, di antaranya:

  • Strategi Pemasaran disusun Berdasarkan Kebutuhan

Untuk menyusun strategi pemasaran, perusahaan harus menyusun berdasarkan kebutuhan konsumen. Sehingga, strategi pemasaran bisa sesuai dengan target penjualan.

  • Menentukan Anggaran yang Akan Dikeluarkan

Menentukan anggaran adalah hal yang paling penting sebelum menyusun strategi pemasaran, karena untuk mencapai tujuan bisnis baik itu berupa penjualan dan profit, anggaran yang dikelola harus akurat. Setelah menghitung anggaran, Anda bisa memilih bentuk strategi mana yang paling efektif dan sesuai dengan anggaran perusahaan.

  • Promosi Bisnis

Promosi bisnis juga masuk ke dalam strategi pemasaran, karena dengan adanya promosi bisa membantu perusahaan untuk membentuk loyalitas dari konsumen. Jika, perusahaan terus-menerus memberikan penawaran bisnis kepada konsumen, maka konsumen akan setia untuk melakukan transaksi. Sehingga, perusahaan mendapatkan kesetiaan dari pelanggan yang setia.

  • Online Marketing

Strategi pemasaran yang dilakukan secara online atau mobile bisa membantu branding bisnis lebih cepat, karena saat ini banyak orang yang sering mengakses sosial media. Sehingga, melakukan pemasaran secara online bisa lebih mudah, belum lagi pemasaran secara online bisa membantu perusahaan untuk membuat konten dan ide marketing yang lebih kreatif.

  • Email Marketing

Melakukan pemasaran melalui email adalah pilihan yang tepat karena biayanya lebih murah dibandingkan channel marketing lainnya dan juga email bisa bersifat lebih personal kepada konsumen. Sehingga, dengan email marketing lebih efektif untuk menggiring konsumen membeli produk dan juga menjadikannya sebagai pelanggan.

Namun, menurut MTarget tren email marketing bergerak secara cepat dan mudah berganti. Dalam seri E-Book MTARGET ke 22 yang berjudul “Prediksi Tren Email Marketing 2022”, tren email marketing di tahun ini akan lebih fokus kepada pendekatan dua arah. Anda bisa mendownload di halaman berikut. Dengan begitu, Anda sebagai marketers bisa mengikuti perkembangan sistem email agar strategi pemasaran bisa lebih berjalan efektif dan mencapai target.

***

Disclosure: Artikel ini bekerja sama dengan MTarget dan ditulis oleh Tasya Kania A. C.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again