1. Startup

eMarketer : Pendapatan Iklan Google Tahun Ini Akan Lampaui Facebook

Tahun ini Google diprediksikan akan mampu mengalahkan Facebook dalam hal pendapatan dari penayangan iklan di wilayah Amerika Serikat. Menurut prediksi eMarketer, tahun ini Google akan menguasai 15.4% pasar penayangan iklan di Amerika Serikat dengan pendapatan sekitar 2.31 miliar dollar Amerika. Sedangkan Facebook, akan menguasai 14.4% pasar dan mendapatkan keuntungan sebesar 2.16 miliar dollar Amerika.

Facebook memimpin pasar ini tahun lalu dengan menguasai sekitar 14.1% pasar, dibandingkan dengan 13.5% pasar milik Google. Proyeksi oleh eMarketer ini berdasarkan laporan keuangan oleh perusahaan-perusahaan tersebut. Pendapatan yang dihitung dalam penelitian ini, adalah pendapatan iklan yang ditampilkan di komputer ataupun laptop dan juga perangkat bergerak seperti tablet dan smartphone

Sementara itu, pemimpin pasar pada tahun 2010, Yahoo! tergeser menjadi peringkat ketiga pada tahun ini. Presentase pasar yang dikuasai oleh Yahoo! pun terus turun dari 14% pada 2010, menjadi 11% pada 2011, dan menjadi hanya 9.3% pada 2012 ini. Meskipun demikian, pendapatan iklan Yahoo! dari iklan digital ini tetap stabil di angka sekitar 1.3 miliar dollar Amerika.

eMarketer memprediksikan pendapatan Yahoo! akan naik secara tipis setiap tahunnya. Tetapi presentase pasar mereka akan terus tergerus oleh perkembangan Google dan Facebook.

Google dan Facebook sendiri diperkirakan akan terus memperbesar presentase mereka pada pasar iklan digital. Selain mencaplok presentase pasar dari Yahoo!, kedua raksasa ini juga diperkirakan akan memangsa platform-platform iklan digital lain yang lebih kecil. Menurut eMarketer, pasar iklan digital ini pada tahun 2014 akan bernilai 20.69 miliar dollar, naik sekitar 75% daripada nilai tahun 2011.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again