Categories

Misc

Emirates Luncurkan Tas Amenity Kit Berbasis Augmented Reality untuk Penumpang Kelas Ekonomi

Penumpang bisa memindai tas menggunakan ponselnya untuk mengakses beragam konten hiburan

Glenn Kaonang - 22 July 2016

Keuntungan utama memilih penerbangan kelas bisnis tentu saja adalah kursi pesawat yang lebih nyaman sekaligus lapang. Namun bagi beberapa penumpang, bonus tas amenity kit yang biasanya berisi beragam produk perawatan diri juga merupakan nilai plus tersendiri.

Bicara soal penerbangan, kita semua pastinya tidak asing dengan nama Emirates. Ada alasan mengapa maskapai ini terus dipandang sebagai salah satu maskapai penerbangan terbaik dari tahun ke tahun, dan salah satunya adalah inovasinya di bidang hiburan.

Baru-baru ini, maskapai asal Uni Emirat Arab tersebut meluncurkan amenity kit interaktif pertama di dunia yang mengandalkan teknologi augmented reality (AR). Kalau Anda merasa asing dengan AR, game Pokemon Go yang sedang booming belakangan ini adalah salah satu yang banyak memanfaatkan teknologi ini.

Dalam mengembangkan amenity kit interaktif ini, Emirates bekerja sama dengan Blippar, salah satu perusahaan yang berpengalaman di bidang teknologi AR. Amenity kit berbasis AR ini unik karena penumpang dapat mengakses berbagai konten hiburan dengan memindai tasnya menggunakan aplikasi Blippar yang tersedia secara cuma-cuma di Android maupun iOS.

Sebagai amenity kit, tentunya tas ini masih menyimpan sejumlah produk seperti biasa / Emirates

Konten-konten tersebut meliputi aneka playlist musik untuk menemani penumpang bersantai selama perjalanan, buku mewarnai digital, tips bepergian dan kesehatan, dan akses ke aplikasi Emirates. Emirates sendiri menjanjikan pembaruan konten setiap enam bulan sehingga penumpang tetap bisa menikmatinya dari kediaman masing-masing.

Sejauh ini Emirates menyediakan enam desain tas yang berbeda untuk amenity kit interaktifnya, masing-masing terinspirasi oleh enam daerah di jaringan global Emirates: Australasia, Amerika Latin, Timur Tengah, Afrika, Eropa dan negara-negara Timur Jauh dan Asia Timur. Keenamnya mempunyai warna dan pola yang menjadi ciri khas dari daerah masing-masing.

Menariknya, Emirates bermurah hati menyediakan amenity kit interaktif ini kepada seluruh penumpang kelas ekonomi ketimbang hanya memanjakan kelas bisnis saja. Rencananya Emirates akan segera menghadirkan amenity kit berbasis AR-nya mulai bulan Agustus mendatang pada beberapa layanan rute penerbangan jarak jauh dan seluruh rute penerbangan sangat jauh.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter