4 October 2017

by Bambang Winarso

WhatsApp Bikin Emoji Sendiri yang Mirip dengan Milik Apple

Emoji baru buatan WhatsApp sudah tersedia di versi beta

WhatsApp tampaknya sudah siap untuk melepaskan diri dari ketergantungan kepada Apple. Aplikasi pesan instan kepunyaan Facebook itu menyatakan diri sudah membuat sendiri emoji versi mereka. Keputusan ini sepertinya didorong oleh keinginan untuk mandiri dan berbeda, kendati dari apa yang terlihat, emoji bikinan WhatsApp punya banyak kemiripan dengan milik Apple sebelumnya.

Jika diperhatikan lebih seksama, tampak jelas kedua versi emoji memiliki banyak kemiripan. WhatsApp tampaknya mencoba melakukan sedikit polesan untuk membedakan emoji barunya, tapi tak bisa dipungkiri kedua emoji sulit untuk dibedakan jika tidak disandingkan satu per satu.

Menurut EmojiPedia yang pertama kali menemukan perubahan ini, Emoji desain baru kreasi WhatsApp sekarang sudah tersedia di versi beta terbaru, khususnya untuk perangkat Android. Artinya, sebelum dirilis ke publik, sampai saat ini WhatsAp masih akan menggunakan set emoji milik Apple, tidak hanya di Mac dan perangkat iOS, tapi juga di Android dan juga web.

Anehnya, Messenger yang sama-sama produk kepunyaan Facebook menempuh jalan yang berbeda. Alih-alih merepotkan diri dengan membuat set emoji sendiri, mereka lebih memilih menggunakan emoji milik “bosnya”, Facebook untuk platform Android. Sedangkan untuk platform iOS menggunakan Emoji milik Apple. Jadi, saya pesimis emoji baru buatan WhatsApp akan berguna. Apalagi sekarang ini sudah banyak emoji yang ditawarkan, kehadiran Emoji baru jangan-jangan malah berpotensi membingungkan pengguna.

Sumber berita Gizmochina.