Empat Alasan Konten yang Berkualitas Mendorong Kegiatan Pemasaran

Empat Alasan Konten yang Berkualitas Mendorong Kegiatan Pemasaran

Mulai dari memberikan informasi yang relevan hingga mendorong pertumbuhan bisnis
Empat alasan konten adalah raja / Pexels
Empat alasan konten adalah raja / Pexels

Salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh pengguna saat menggunakan smartphone adalah membaca berita atau artikel. Apakah itu dari media sosial, media online hingga situs khusus dari brand dan lainnya. Situs yang dulunya hanya berfungsi sebagai wadah untuk informasi singkat, kini telah menjadi media untuk mempromosikan hingga berbagi informasi yang berguna untuk pelanggan. Peranan konten pun kemudian menjadi strategi pemasaran yang saat ini makin populer dan menjadi trending.

Namun demikian tidak mudah untuk membuat konten yang berkualitas saat melancarkan kegiatan pemasaran. Dibutuhkan riset mendalam hingga pemahaman yang menyeluruh terkait dengan target pasar hingga poin-poin yang ingin disampaikan kepada pelanggan. Artikel berikut akan mengupas empat hal yang perlu dicermati, memanfaatkan konten.

Berubahnya kebiasaan orang mendapatkan informasi

Dulu jika pelanggan ingin menghubungi pihak perusahaan hingga brand, bisa dilakukan melalui nomor telepon layanan pelanggan. Demikian juga ketika ingin mengajukan keluhan dan pertanyaan lainnya. Kini ketika teknologi sudah dengan mudah diakses, situs merupakan pilihan pertama dari pelanggan untuk membina relasi dengan brand.

Dengan konten yang relevan, sarat dengan informasi yang dibutuhkan, menjadikan konten media paling ideal untuk brand saat ini. Lakukan edukasi kepada pelanggan melalui konten. Informasikan pembaruan hingga tulisan kreatif, yang mendorong pelanggan untuk melihat, membaca dan pada akhirnya menikmati konten yang tersedia di situs perusahaan.

Buatlah konten yang bernilai

Membuat konten yang bernilai dan dibutuhkan oleh pelanggan, bisa memberikan efek positif kepada bisnis. Konten yang memiliki nilai bisa juga membantu mendongkrak penjualan, sekaligus memberikan kepuasan tersendiri kepada pelanggan, karena kemudahan yang mereka dapatkan saat melakukan pembelian. Hal-hal tersebut yang bisa menjadikan konten media terbaik untuk membantu penjualan, jika dilakukan dengan tepat.

Lakukan pendekatan yang berbeda

Jika dulunya banyak perusahaan yang memanfaatkan situs dengan mengunggah konten promosi dengan informasi hingga promosi seputar perusahaan yang terlalu berlebihan dan terkesan “menyombongkan” produk atau layanan yang ada, saat ini ketika konsumen sudah semakin cerdas, tonjolkan fungsi hingga manfaat dari produk yang brand miliki. Dengan demikian pendekatan yang lebih “friendly” tersebut, bisa diterjemahkan oleh konsumen sebagai informasi yang relevan dan berguna untuk mereka, bukan sekedar promosi betapa bagusnya produk atau layanan yang dimiliki, dengan memfokuskan kepada fungsi.

Pahami dengan baik pelanggan

Membuat konten yang berkualitas didukung dengan pemahaman yang baik terkait dengan siapa target pasar dan apa yang mereka butuhkan. Untuk itu lakukan riset terlebih dulu, sebelum membuat konten. Tentukan tema dan pastikan informasi tersebut bakal dibutuhkan oleh target pasar. Konten yang baik memang tidak mudah untuk dibuat, namun akan menjadi salah satu tools yang efektif untuk pertumbuhan bisnis yang bertahan lama dan sukses.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Tips
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…