1. Startup

Empat Cara Ampuh Agar Startup Berhasil Diakuisisi

Mulai dari melakukan pemasaran masif hingga mematangkan produk

Selain Initial Public Offering (IPO) atau Penawaran Umum Perdana Saham, salah satu impian terbesar dari sebuah startup adalah diakuisisi oleh perusahaan besar. Tidak mudah untuk startup mendapatkan kesempatan diakuisisi oleh perusahaan yang besar, kebanyakan dari startup tersebut berakhir bangkrut dan tidak bisa lagi menjalankan bisnisnya, hanya beberapa startup saja yang memiliki kesempatan dan cukup beruntung diakuisisi. Salah satu kegagalan sebuah startup diakuisisi adalah, kurang berpengalamannya pendiri startup, yang pada akhirnya membuat startup gagal untuk diakuisisi.

Artikel berikut ini akan membahas 4 cara tepat agar startup berhasil diakuisisi.

Pasarkan startup secara efektif

Akan menjadi hal yang sulit sebuah startup diakuisisi jika tidak dipasarkan dengan benar dan secara masif. Promosi dan pemasaran yang baik akan memancing perusahaan besar yang relevan untuk kemudian melirik produk yang dimiliki oleh startup Anda. Untuk itu lancarkanlah pemasaran yang efektif, hal ini akan membantu Anda menentukan perusahaan mana yang sesuai dengan kriteria Anda sebagai pemilik startup, jika pada akhirnya ditawar oleh beberapa perusahaan untuk diakuisisi.

Seperti yang telah berhasil dilakukan oleh Zite aplikasi untuk membaca berita dari Amerika Serikat, yang pada akhirnya diakuisisi oleh CNN dengan nilai $25 juta, atau Scoop platform e-book yang beroperasi di Indonesia, yang pada bulan Desember 2016 lalu diakuisisi oleh Kompas Gramedia.

Memiliki produk atau layanan yang berfungsi dengan baik

Produk yang baik dan terbukti diminati oleh pengguna hingga klien yang potensial menjadi salah satu hal yang menjadi kunci sukses sebuah akuisisi. Untuk itu pastikan produk atau layanan yang dimiliki oleh startup, telah memenuhi kriteria dari perusahaan yang tertarik untuk melakukan akuisisi. Hal sederhana bisa dilakukan dengan cara menawarkan jasa atau layanan yang dimiliki oleh perusahaan besar tersebut untuk mencoba, dan pastikan produk bekerja dengan baik. Jika perusahaan besar tersebut puas dan tertarik untuk menambah layanan sesuai dengan produk yang ada tawarkan, akan menjadi hal yang organik jika perusahaan tersebut pada akhirnya mengakuisisi startup Anda.

Contoh startup yang telah berhasil diakuisisi oleh perusahaan besar karena memiliki produk yang baik adalah, BigMachines yang diakuisisi oleh Oracle, dan AppDynamics yang diakuisisi oleh Cisco.

Perbanyak jumlah calon pembeli

Saat proses akuisisi akan dilakukan pihak pembeli biasanya akan memiliki peluang dan pilihan lebih besar, agar peluang Anda sebagai pemilik startup bisa lebih besar perluas jaringan Anda dengan pembeli dalam jumlah yang besar. Posisikan pula penawaran dan ketentuan yang ingin Anda sampaikan kepada para calon pembeli tersebut di muka untuk memperkuat proses negosiasi. Di sisi lain dengan menerapkan cara tersebut, bisa meningkatkan nilai akuisisi startup menjadi lebih besar.

Ciptakan visi yang jelas

Ketika startup pada akhirnya berhasil diakuisisi oleh perusahaan besar, artinya Anda sebagai pendiri startup harus berbagi kekuasaan dengan pemilik perusahaan yang mengakuisisi startup. Hal tersebut akan mempengaruhi kepemimpinan Anda hingga masa depan dari perusahaan dan tentunya pegawai. Untuk itu buatlah visi yang jelas dan tekankan hal tersebut kepada perusahaan yang mengakuisisi startup.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again