Menemukan produk yang tepat dan tentunya disukai oleh pengguna tentunya merupakan impian dari semua pelaku startup. Tidak mudah untuk meraih prestasi tersebut, dibutuhkan waktu yang lama, tenaga, dan kreativitas yang cukup untuk mampu mewujudkan impian tersebut. Ketika produk ideal telah Anda miliki dan selanjutnya orang lain mencoba untuk meniru jenis produk yang Anda buat, tentunya hal tersebut akan merugikan dan bisa membahayakan masa depan produk Anda di kemudian hari.

Contoh sederhana yang sudah terjadi adalah ketika Instagram mulai menghadirkan fitur layaknya fitur yang sebelumnya dipopulerkan oleh Snapchat. Sebagai media sosial yang sudah memiliki jumlah pengguna lebih banyak dari Snapchat, tidak heran ketika akhirnya Instagram menjadi lebih mainstream dibandingkan dengan fitur dari Snapchat yang terbilang niche.

Artikel berikut ini akan membahas langkah apa yang baiknya Anda lakukan ketika produk yang Anda miliki ditiru oleh kompetitor.

Posisi Anda sebagai market leader

Sebagai startup pertama yang menghadirkan layanan yang kemudian ditiru oleh kompetitor, tentunya memposisikan startup Anda sebagai market leader. Menjadi hal yang umum ketika orang lain atau kompetitior mulai meniru model bisnis yang Anda tawarkan, hal ini tidak hanya terjadi pada startup namun industri lainnya. Langkah terbaik yang harus Anda terapkan selanjutnya adalah, fokus kepada rencana dan inovasi yang Anda miliki dan pastikan sebagai market leader startup Anda memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitor.

Percaya atau tidak, hal tersebut dilegalkan

Jika Anda ingin melakukan konfirmasi kepada pengacara Anda dan kemudian menuntut perusahaan atau startup yang meniru produk yang Anda miliki menjadi hal yang percuma, karena kegiatan tersebut ternyata dilegalkan. Intinya adalah orang lain bisa saja menerapkan layanan atau model bisnis yang Anda jalankan, demikian juga dengan meniru logo atau desain yang Anda miliki. Hindari untuk memfokuskan langkah hukum yang akan Anda ambil dan fokuskan kepada rencana atau strategi yang selanjutkan akan Anda lancarkan.

Fokus kepada inovasi

Faktanya adalah dalam bisnis selalu ada usaha dari kompetitor atau pemain lain untuk saling meniru inovasi yang dimiliki oleh perusahaan, yang wajib dicermati selanjutnya adalah upaya Anda untuk tidak terganggu dengan kompetisi yang Anda dan lebih fokus kepada pengembangan produk hingga inovasi yang Anda miliki. Cara lain yang bisa Anda terapkan adalah meyakinkan pelanggan setia bahwa produk Anda memang yang terbaik, lebih unggul dan tentunya tidak kalah dengan kompetitor yang ada.

Anggaplah hal tersebut sebagai pujian

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghindari gangguan yang ada, untuk memperlakukan kompetitor yang mencoba untuk menerapkan produk yang serupa dengan produk Anda sebagai pujian, artinya anda sebagai inovator berhasil menciptakan produk yang disukai dan tentunya berfungsi dengan baik, sehingga pemain lain kemudian mencoba untuk membuat dan meniru produk yang Anda miliki.

Tetaplah bekerja dengan baik dan tunjukkan kreativitas serta aset terbaik yang hanya dimiliki oleh startup Anda. Hindari untuk membicarakan hal yang buruk kepada publik tentang kompetitor yang meniru layanan atau produk yang Anda miliki dan fokuskan kepada produk Anda dengan memberikan layanan serta fitur terkini yang lebih kreatif dan tentunya berbeda.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.