Saat startup sudah mulai menunjukkan pertumbuhan yang positif dan mengalami peningkatan yang signifikan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebagai pemilik startup, yaitu cara tepat menghadapi tim dan membawa perusahaan ke tahap selanjutnya. Sebagai pemimpin Anda juga harus mulai membiasakan diri untuk menjalankan usaha ke skala yang lebih besar.

Dibutuhkan waktu yang lama serta kesiapan mental yang cukup untuk bisa melakukan pivot dari perusahaan kecil menjadi besar. Artikel berikut ini akan membahas, 4 hal yang wajib diperhatikan saat startup mulai bergerak maju dan mengalami pertumbuhan.

Terapkan sistem kerja baru

Saat startup baru mulai bergerak biasanya anggota tim yang ada belum banyak jumlahnya. Sehingga pekerjaan bisa dilakukan secara multitask oleh pegawai. Namun saat startup mulai mengalami pertumbuhan dari sisi pelanggan hingga pendapatan, Anda pun sebagai pemilik dituntut untuk memiliki lebih banyak staf yang bisa membantu untuk mempercepat pekerjaan. Ubah gaya manajemen perusahaan dengan level yang berbeda. Arahkan pegawai Anda dengan menerapkan sistem kerja yang lebih baik untuk skala yang lebih besar.

Tumbuhkan kepercayaan

Hingga kini masih banyak pemilik startup yang masih “hands on” terhadap semua kegiatan dan rutinitas pekerjaan dalam startup. Kurang percaya hingga sikap perfeksionis yang masih banyak dimiliki oleh pemilik startup, bisa mengganggu pertumbuhan startup. Idealnya saat perusahaan sudah mulai mengalami pertumbuhan, serahkan pekerjaan tersebut kepada tim Anda. Fokus Anda sebagai pemimpin adalah lebih kepada inovasi serta visi dan misi perusahaan untuk ke depannya.

Komunikasi yang lancar

Semakin besar perusahaan semakin dibutuhkan komunikasi yang lancar kepada pegawai, partner hingga investor. Komunikasikan semua kendala, rencana serta pencapaian yang ada kepada pihak-pihak terkait tersebut. Hindari kebiasaan untuk menyimpan atau menyembunyikan informasi kepada pihak-pihak terkait, karena akan berisiko mengganggu lancarnya kolaborasi dalam perusahaan.

Siapkan rencana jangka panjang

Salah satu aspek penting yang wajib diperhatikan saat startup mulai mengalami pertumbuhan adalah, rencana jangka panjang Anda sebagai pemilik. Ciptakan kebiasaan yang positif antar tim dengan menerima masukan atas ide atau inovasi, yang bisa membantu perusahaan tumbuh lebih baik lagi. Dibutuhkan pemikiran jangka panjang agar startup bisa melangkah ke tahap selanjutnya. Untuk itu siapkan diri Anda sebagai pemimpin dengan memanfaatkan anggota tim yang ada.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.