Categories

Gadget

Empat Drone Star Wars Resmi dari Propel Ini Bisa 'Perang Laser'

Millenium Falcon, X-Wing, Tie Fighter atau Speeder Bike, semuanya siap ngebut selagi jungkir-balik di udara

Glenn Kaonang - 25 July 2016

Penggemar berat franchise Star Wars mungkin mempunyai miniatur Millenium Falcon atau X-Wing terpampang rapi di dalam kamarnya. Namun pernahkah terbayang di benak mereka bahwa khayalan untuk menerbangkan miniatur pesawat-pesawat ikonik tersebut bisa terwujud sekarang juga?

Propel, pabrikan yang dikenal akan RC helicopter-nya baru-baru ini membuat kejutan di acara Star Wars Celebration di London dengan memperkenalkan empat buah drone Star Wars. Drone ini bukan abal-abal, melainkan telah mengusung lisensi resmi dari Lucasfilm.

Keempat drone tersebut mengambil wujud pesawat-pesawat ikonik dari franchise Star Wars, yaitu Millenium Falcon tunggangan Han Solo, X-Wing milik Rebel Alliance, Tie Fighter milik Darth Vader dan Speeder Bike – lengkap beserta seorang Scout Trooper di atasnya.

Millenium Falcon / Propel

Keempatnya benar-benar bisa terbang. Uniknya, baling-balingnya terletak di bagian bawah dan berwarna transparan sehingga ketika masing-masing drone mengudara, baling-balingnya seakan tidak tampak. Tidak cuma itu, keempatnya juga siap ngebut hingga mencapai kecepatan sekitar 60 km/jam – khusus Millenium Falcon, pesawat yang sempat disebut 'sampah' oleh Rey di Force Awakens tersebut bisa menembus angka 80 km/jam.

Lebih menarik lagi, keempat drone Star Wars ini juga bisa 'menembakkan' laser – tidak bersifat destruktif seperti di film, melainkan lebih mirip laser pointer. Propel sendiri telah merancang sistem 'perang-perangan' yang mendukung hingga 24 drone sekaligus.

T-65 X-Wing Starfighter / Propel

Peraturannya sederhana saja: apabila drone Anda 'tertembak' tiga kali, maka drone akan 'tumbang' dan mendarat secara otomatis. Meski terkesan simpel, bisa dibayangkan keseruan yang muncul saat ada 24 drone sekaligus yang tengah bertempur.

Sebelum berpikir untuk ikut di medan perang, tentunya ada beberapa calon konsumen yang bertanya-tanya apakah menerbangkannya tidak sulit. Well, keempat drone ini sudah dibekali tiga mode yang berbeda untuk mengakomodasi skill pilot yang berbeda pula. Sebagai pelengkap, tersedia pula fitur untuk mengaktifkan aksi stunt 360 derajat dengan menekan satu tombol saja.

74-Z Speeder Bike + Scout Trooper / Propel

Sayang sejauh ini belum ada informasi pasti mengenai harganya – diperkirakan antara $200 - $400 per drone. Propel sendiri rencananya baru akan memasarkan keempat drone Star Wars ini mulai bulan September mendatang di Amerika Serikat dikarenakan masih terhambat soal lisensi penjualan.

Selagi menunggu, kita bisa menyimak aksinya secara langsung dalam video-video berikut.

Sumber: Wired, The Verge dan Propel.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter