Categories

Tips

Empat Hal Yang Membuat Startup Anda Kemungkinan Besar Mendapatkan Pendanaan

CEO Cloapp Alex Lewerentz berpendapat produk atau layanan adalah faktor terakhir

Prayogo Ryza - 13 October 2015

Pendanaan bagi sebagian besar startup mungkin masuk dalam daftar rencana yang sudah ditulis sebelum startup mulai diluncurkan. Bagi startup yang memiliki rencana demikian, pertemuan dengan venture capital adalah sebuah momen yang tentu sangat krusial dan bahkan menjadi sangat penting. CEO Cloapp Alex Lewerentz dalam sebuah tulisan di Medium tentang empat hal yang krusial menentukan perolehan pendanaan bagi sebuah startup.

Banyak beberapa tips yang menuliskan bahwa produk atau layanan memegang peran penting saat Anda melakukan pendekatan dengan VC, namun bagi Alex produk dan layanan justru ditempatkan pada urutan ke-4, di sisi prioritas, di bawah tim, pasar, dan model bisnis.

Alex punya alasan yang kuat. Sebagai startup yang telah berhasil mengamankan pendanaan Alex mencoba menjabarkan bahwa Siapa Anda dan bagaimana track record Anda sangat menentukan keputusan pendanaan bagi VC.

“Selalu mulai dengan mengatakan kepada mereka tentang tim menakjubkan yang akan melakukan ini,” tulis Alex.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pasar. Pada saat membicarakan pendanaan dengan VC usahakan Anda menggambarkan sedetil dan sespesifik mungkin pasar yang sempurna untuk produk Anda. Inilah saat yang tepat merebut perhatian VC. Biasanya pembicaraan mengenai pasar akan memperoleh perhatian lebih.

Di urutan ketiga Alex menempatkan model bisnis. Dalam pembicaraan dengan VC usahakan menyampaikan model bisnis dengan sederhana tetap tidak dengan: “Kami mengumpulkan jutaan pengguna kemudian kami akan mendapatkan uang dari mereka”.

Hal-hal sederhana yang bisa disampaikan seperti: “Kami akan menarik $2 per pengguna per hari” dan lain sebagainya sesuai dengan model bisnis yang Anda rancang.

Dan yang terakhir dan tak kalah penting adalah menggambarkan apa yang akan Anda bangun. Apakah sebuah aplikasi? Apakah sebuah perangkat keras? Atau bahkah keduanya.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter