1. Startup

Empat Kiat Mengembangkan Tim Kecil dalam Startup

Mulai dari mengevolusi peran co-founder hingga mempekerjakan orang yang tepat

Kunci dari kesuksesan startup adalah bertumbuh. Baik dari segi layanan, pasar, produk hingga tim. Salah satu pertumbuhan yang luput dari perhatian banyak pengembang startup adalah pertumbuhan tim. Selain dari segi kemampuan teknis tim harus berkembang. Mulai dari tanggung jawab mengoptimalkan kemampuan di dalam tim.

Berikut beberapa tips yang dimanfaatkan untuk menumbuhkan tim.

Evolusi peran co-founder

Co-founder bisa jadi salah satu peranan penting dalam berkembangnya startup. Para co-founder bisa jadi tidak hanya sebagai inisiator ide, tetapi juga eksekutor bahkan operator untuk bisnis di tahap awal. Pergantian atau evolusi peranan co-founder ini sekaligus menandakan ada yang berkembang dari segi tim. Ada tanggung jawab yang mulai ditanggung oleh anggota tim yang lain. Dan peranan co-founder tidak lagi soal teknis, tapi sudah masuk ke ranah manajerial.

Mencari bagian keuangan dan human resource lebih dini

CEO Preply Kirill Bigai dalam sebuah tulisan membagikan pengalamannya mengenai perekrutan bagian keuangan dan human resource. Hal tersebut diakui sebagai strategi yang cukup jitu untuk membangun fondasi keuangan dan proses perekrutan yang lebih baik. Sehingga co-founder bisa memfokuskan diri untuk melakukan hal lain. Seperti mengoptimalkan pemasaran dan mencari pasar baru.

Memperkerjakan yang terbaik

Mencari talenta terbaik adalah hal krusial. Untuk bisa mengoptimalkan perkembangan tim bisnis harus mulai mencari talenta terbaik. Tidak hanya soal teknis atau yang berkaitan dengan keahlian masing-masing, tapi juga mengenai kemampuan berbagi dan berkembang bersama tim. Orang-orang seperti ini nantinya tidak hanya berguna bagi bisnis, tetapi perkembangan orang-orang di dalamnya.

Pendekatan fungsi silang

Masih berkaitan dengan mencari orang-orang dengan kemampuan berbagi, pendekatan seperti ini bisa membudayakan kerja sama tim yang lebih baik. Misalnya, coba sekali waktu gabung antara tim pemasaran dengan tim IT untuk menemukan solusi terbaik untuk kampanye. Dengan orang IT di dalamnya, hal-hal teknis mengenai pemasaran bisa mulai dipetakan dan diselesaikan dengan pendekatan IT. Ini juga bagus untuk menghasilkan kultur teknologi informasi di dalam perusahaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again