Mendirikan startup yang sukses tentunya adalah impian dari semua pendiri startup, namun demikian faktanya tidak semua startup berhasil mewujudkan impian tersebut, dan terpaksa harus menyerah dengan segala tantangan, perubahan hingga kendala yang ada. Artikel berikut ini akan membahas 4 hal yang wajib dicermati jika ingin sukses dan berhasil menjadi pendiri startup.

Terima semua perubahan

Ada saatnya teknologi terkini yang kita gunakan saat ini menjadi pudar dan tergantikan dengan teknologi baru. Melihat keadaan tersebut ada baiknya Anda sebagai pendiri startup untuk bisa menerima perubahan yang ada, apakah ketika ide bisnis tidak berjalan dengan baik hingga layanan yang tidak berkembang. Terima semua perubahan yang ada, dan ciptakan inovasi baru yang sesuai dan tentunya tepat dengan keadaan yang ada.

“Be the change that you wish to see in the world.” — Mahatma Gandhi

Temukan pasar baru

Saat ini ketika startup hingga perusahaan teknologi telah hadir menawarkan berbagai kemudahan, layanan hingga produk yang serupa dan target pasar yang sama, menjadi tantangan tersendiri tentunya jika Anda sebagai pendiri startup, jika mampu menghadirkan layanan atau produk untuk pasar yang baru. Jangan fokuskan hanya kepada produk terkini, namun temukan pasar baru yang ternyata membutuhkan layanan atau produk yang saat ini belum ada. Sudah banyak startup hingga perusahaan teknologi yang meraih kesuksesan berawal dari ide untuk industri dan pasar yang baru.

“The present is theirs; the future, for which I really worked, is mine.” — Nikola Tesla

Gali wawasan

Menjadi pemimpin yang baik adalah mereka yang tidak pernah untuk berhenti belajar, menambah wawasan, melakukan aksi secara langsung hingga menerima semua perbedaan dan pastinya selalu siap menjadi pendengar yang baik. Dengan demikian Anda akan semakin kreatif untuk menemukan inovasi, celah dan peluang baru hingga kesempatan untuk melakukan kolaborasi.

“Intellectual growth should commence at birth and cease only at death.” — Albert Einstein

Investasikan uang dan waktu

Sebagai pendiri startup Anda memiliki kesempatan untuk merekrut dan bekerja dengan tim pilihan yang sesuai dengan standar dan kriteria Anda. Untuk bisa mewujudkan kesuksesan startup, investasikan uang dan waktu Anda untuk tim, agar mereka bisa memberikan kontribusi dan kolaborasi terbaik untuk startup.

“One never notices what has been done; one can only see what remains to be done. I was taught that the way of progress was neither swift nor easy.” — Marie Curie