1. Startup

Empat Pertanyaan Mengenai Kesuksesan yang Harus Dijawab Founder Startup

Bayangkan apa yang ingin Anda capai di tahun ini dan bagaimana cara merealisasikannya

Semua startup pasti ingin mencapai target terus meningkat dibandingkan pencapaian di tahun sebelumnya. Bentuk nyata dari kesuksesan itu, tidak melulu dari target pertumbuhan laba saja, tetapi bisa berupa berapa besar tingkat awareness konsumen terhadap produk Anda, bagaimana market share-nya di industri, dan beragam faktor lainnya.

Akan tetapi, pada dasarnya kesuksesan itu tidak terjadi secara kebetulan. Hanya akan terjadi, apabila Anda sendirilah yang mewujudkannya. Maka dari itu, Anda perlu membuat target dan mimpi yang belum pernah dibuat sebelumnya. Bagaimana caranya?

Artikel berikut akan membahas lebih lanjut pertanyaan apa saja yang perlu Anda tanyakan ke diri sendiri demi membangun kesuksesan bisnis seperti yang diinginkan.

1. Bagaimana cara Anda memandang sebuah kesuksesan?

Anda harus tahu jelas target seperti apa yang ingin Anda capai. Tutup mata dan bayangkan ketika Anda berhasil mencapainya menjelang tutup tahun. Ketika masa itu tiba, Anda akan merasa luar biasa karena Anda berhasil meraih beberapa kesuksesan yang indah.

Pikirkan hal apa yang memungkinkan itu bisa terjadi. Tuliskan dalam secarik kertas dan buat rencana kerjanya. Kemudian buatlah jadi potongan yang bisa Anda kerjakan satu per satu. Jadikan kertas tersebut menjadi hal pertama yang Anda lihat pada pagi hari sebelum memulai aktivitas.

2. Bagaimana Anda mengerjakan bisnis ini?

Dalam rangka menciptakan pertumbuhan bisnis di tahun ini, Anda harus umumkan perusahaan Anda ke hadapan calon konsumen. Apa target utama yang ingin Anda capai untuk tahun ini? Bagaimana strateginya? Sebaiknya Anda tidak melakukan semua hal di luar kemampuan.

Lebih baik, temukan cara menemukan target konsumen dan berkomitmen untuk melakukan satu atau dua strategi agar target utama tercapai.

3. Bagaimana membuat konsumen terkesima dengan produk Anda?

Anda perlu membuat rencana bagaimana melayani seluruh konsumen di tahun ini. Pikirkan bagaimana nilai spesifik yang bisa berarti bagi kehidupan konsumen Anda. Produk seperti apa yang bisa membuat konsumen jadi bergantung dengan Anda, malah menjadi penggemar, sekaligus jadi pelanggan dan konsumen tetap?

4. Hal seperti apa yang menghambat Anda?

Kehidupan pengusaha tidak selalu mulus. Terkadang ada hal yang membuat Anda jadi luar biasa, bahkan putus asa. Sehingga seringkali untuk melangkah maju Anda dikepung oleh rasa ketakutan dan keraguan.

Untuk memastikan Anda tidak menahan diri dapat maju di 2017, Anda perlu mengondisikan diri agar dapat melewati berbagai perlawanan yang terus muncul. Mulai fokus dengan apa yang Anda inginkan, bukan apa yang Anda mau. Langkah awalnya dengan memvisualisasikan bisnis dan kehidupan yang ingin Anda buat dan bagaimana cara membangunnya.

Kemudian carilah beberapa referensi buku motivasi dari sosok pengusaha yang Anda kagumi dan gabungkan kebiasaan mereka ke dalam rutinitas Anda. Lalu temui rekan kerja untuk mendapat motivasi lainnya, sebab pada akhirnya sukses itu bukan kecelakaan. Anda sendirilah yang perlu melangkah ke sana.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again