Raksasa media Indonesia Emtek dan raksasa pembayaran digital Tiongkok Ant Financial, yang dimiliki Alibaba dan dikenal dengan produk Alipay, mengumumkan kemitraan untuk mendirikan perusahaan joint venture yang akan beroperasi sebagai platform elektronik untuk jasa pembayaran dan keuangan lainnya di Indonesia. Langkah pertama joint venture ini adalah memasukkan platform pembayaran ke BlackBerry Messenger yang telah bertransformasi menjadi sebuah all-in-one platform dan memiliki lebih dari 63 juta pengguna aktif di Indonesia.

Masuknya Ant Financial ke Indonesia sudah lama diprediksikan. Sebagai pasar dengan literasi digital cukup tinggi tapi dengan tingkat penetrasi kartu kredit yang rendah, pasar Indonesia sangat terbuka dengan hadirnya solusi alternatif. Go-Pay dari Go-Jek misalnya, muncul sebagai suatu platform alternatif menarik karena kemudahannya.

CEO Emtek Alvin Sariaatmadja dalam rilisnya mengatakan, “Kami sangat bersemangat dalam menjalin kerjasama dengan Ant Financial untuk membawa solusi dan teknologi pembayaran elektronik kelas dunia di Indonesia. Perjanjian ini berisi komitmen jangka panjang yang mengedepankan kelebihan dari masing-masing perusahaan untuk menyediakan solusi pembayaran yang efisien, aman dan mudah digunakan melalui platform digital yang kami miliki juga untuk masyarakat Indonesia secara luas serta mitra yang lain.”

“Ant Financial telah terbukti memiliki keahlian khusus dalam memberikan solusi pembayaran dan jasa keuangan kepada para pengguna perangkat seluler yang masif dan masih bertumbuh di Tiongkok dan mengembangkan para mitranya secara global. Kami berkeinginan mencontoh dan mereplikasi keberhasilan tersebut di Indonesia,” lanjut Alvin.

Pemanfaatan di BBM akan menawarkan teknologi pembayaran elektronik untuk pembelian barang-barang secara online, pembelian tiket pesawat, ataupun pembelian barang-barang virtual dan in-app purchase.

Di Tiongkok, Alipay telah mendominasi dan digunakan oleh lebih dari 450 juta konsumen. Di India, Alipay masuk melalui Paytm dan bisa dibilang merupakan platform pembayaran populer di sana. Kini Ant Financial menggandeng EMTEK dalam usahanya menguasai pasar Indonesia. Sebelumnya Ant Financial juga telah memulai usahanya di Asia Tenggara dengan membeli saham minoritas True Money Thailand. Di Indonesia, True Money memiliki platform e-money True Money Witami.

“Kami berharap kerja sama dengan Emtek ini dapat memberikan pengalaman layanan pembayaran elektronik dan layanan keuangan yang inovatif kepada para pengguna di Indonesia. Kemitraan strategis ini mengukuhkan komitmen kami untuk menyasar dan melayani masyarakat yang belum tersentuh bank (unbanked) dan masih kekurangan pelayanan bank (underbanked) di seluruh dunia, serta meningkatkan kualitas hidup mereka dengan memberikan layanan keuangan yang inklusif. Tentunya hal ini hanya dapat dicapai dengan menjalin kerjasama dengan para mitra yang memiliki visi yang sejalan dengan kami,” kata Douglas Feagin, Presiden Ant Financial International.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.