1. Startup

Emtek dan Ant Financial Siapkan DANA, Implementasi Alipay di Indonesia

Langkah pertama akan menjadi platform pembayaran di BBM

Bulan April lalu, Emtek dan Ant Financial, pemilik layanan pembayaran Alipay yang didukung Alibaba, mengumumkan pembentukan joint venture yang akan mengembangkan layanan pembayaran digital di Indonesia. Menurut informasi yang kami peroleh, produk tersebut adalah DANA yang akan menjadi platform pembayaran BBM. Diperkirakan layanan ini akan meluncur ke publik bulan depan.

DANA akan mempermudah pembayaran berbagai layanan yang terkoneksi dengan BBM, seperti halnya Alipay dan Tencent Pay. BBM, sebagai pusat ekosistem digital Emtek, kini setidaknya memiliki BBM Shopping (terhubung dengan Bukalapak) dan BBM Travel (terhubung dengan Reservasi.com).

Untuk lisensi e-money, awal tahun ini Emtek telah mengakuisisi pemegang lisensi e-money PT Espay Debit Indonesia Koe (Espay) dan DOKU. Mengikuti langkah Go-Jek memasuki pasar pembayaran melalui akuisisi, kami tidak akan terkejut jika lisensi Espay ditransfer ke pengelola DANA.

Menurut informasi whois yang kami peroleh, situs DANA terdaftar atas nama Henry Iswaratioso dan beralamat di SCTV Tower, lantai 18. Vincent Henry Iswaratioso adalah Co-Founder Indomog yang kini menjadi Country Head Alipay Indonesia.

Pasar pembayaran digital memasuki babak baru dengan semakin giatnya pemerintah menggalakkan penggunaan e-money untuk berbagai transaksi. Setelah "memaksa" pengguna commuter line Jabodetabek, bulan depan pengguna jalan tol di Indonesia harus menggunakan e-money untuk semua transaksinya.

Sementara itu, layanan digital juga berlomba-lomba untuk mendapatkan lisensi e-money. Bulan ini Ovo, layanan pembayaran digital Lippo Group, memperoleh lisensi e-money dari Bank Indonesia, sementara Tokopedia dan Shopee sedang menghentikan layanan pembayaran digitalnya demi menyesuaikan dengan kebutuhan kepemilikan lisensinya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again