Categories

Internet

Berkat EmuOS, Nostalgia Bersama Software dan Game Klasik Hanya Memerlukan Sebuah Browser

Game sekelas Quake pun sekarang bisa dijalankan di browser via metode emulasi

Glenn Kaonang - 16 November 2020

Beberapa waktu lalu saya menemukan situs yang sangat menarik bernama Winamp Skin Museum. Di situ terdapat ribuan skin aplikasi pemutar musik andalan saya dan jutaan orang lain dari dua dekade lalu, Winamp.

Melihat kembali tampilan Winamp, otomatis beragam kenangan dan rasa nostalgia pun muncul. Saya jadi ingat sejumlah software lain yang dulu juga sering saya gunakan, yang untuk standar sekarang sudah sangat kuno sampai-sampai bisa dikemas menjadi sebuah situs interaktif.

Kira-kira seperti itulah ide di balik sebuah proyek nirlaba bernama EmuOS berikut ini. Seperti halnya Internet Archive yang berusaha mengabadikan koleksi situs lawas dari era awal internet, EmuOS ingin mengabadikan sejumlah software lama – termasuk halnya video game yang pengguna PC gunakan dari belasan sampai puluhan tahun yang lalu.

Jadi saat Anda membuka situs EmuOS di browser modern seperti Chrome, Firefox, atau Edge, Anda bisa memilih satu dari tiga tampilan yang tersedia: Windows 95, Windows 98, Windows ME. Klik salah satu, maka situs bakal menampilkan proses booting ala komputer lawas.

EmuOS

Setelahnya, ada deretan icon aplikasi yang menanti untuk diklik. Selain Winamp, saya ternyata juga kangen dengan Clippy, asisten virtual yang dahulu ibarat icon dari aplikasi Microsoft Office 2000 dan Office 2003. Clippy memang bisa dibilang kurang begitu berguna, tapi lucu saja melihat kembali animasi-animasinya yang cukup bervariasi.

Menariknya, EmuOS justru menyimpan lebih banyak game lawas. Bukan cuma game simpel macam SkiFree, tapi juga yang sangat mengagumkan pada zamannya seperti Transport Tycoon, Tomb Raider, atau bahkan Quake. Namun yang lebih penting adalah, deretan game itu bisa kita mainkan sepenuhnya dengan memanfaatkan metode emulasi.

Dari perspektif lain, EmuOS sejatinya dapat menunjukkan betapa pesatnya teknologi telah berkembang. Game seperti Quake yang dulunya membutuhkan kartu grafis high-end sekarang bisa dimainkan via emulasi hanya dengan berbekal sebuah browser. Setidaknya dengan adanya medium arsip seperti EmuOS ini, kita bisa semakin mengapresiasi sederet teknologi canggih yang kita gunakan sekarang.

Via: Windows Central.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter