Categories

Interview

Emurgo Implementasikan Teknologi Blockchain untuk Bisnis di Indonesia

Di tahap awal bakal menyematkan platform Cardano untuk jaringan bisnis Hero Group, Senada Group, dan Kilau Group

Yenny Yusra - 18 July 2018

Selain memberikan pelatihan dan mentoring kepada mahasiswa di Indonesia, Emurgo, firma pengembang Jepang yang mendukung dan melakukan inkubasi bisnis untuk bisa terintegrasi dengan sistem desentralisasi blockchain Cardano Project, telah menandatangani kesepakatan dengan tiga perusahaan di Indonesia. Tiga group perusahaan tersebut adalah Hero Intiputra (Hero Group), Senada Group dan Kilau Group.

“Kami sudah meyakinkan Emurgo Jepang untuk menjadi platform blockchain pertama yang menjalin kemitraan dengan partner lokal di Indonesia. PT Emurgo Solusi Indonesia adalah hasil dari joint venture pertama Emurgo,” kata CFO PT Emurgo Solusi Indonesia Metodius Anwir kepada DailySocial.

Emurgo yang berbasis di Tokyo saat ini juga sudah hadir di negara Asia lainnya seperti Hong Kong, Vietnam dan Singapura.

Blockchain untuk ritel, properti, dan layanan finansial

Shunsuke Murasaki, Head of Business Development Emurgo
Shunsuke Murasaki, Head of Business Development Emurgo

Sebagai perusahaan yang telah lama menjalankan bisnis, Hero Intiputra merupakan perusahaan yang secara khusus menjalin kemitraan dengan Emurgo. Cardano Project yang fokus ke implementasi teknologi blockchain diharapkan bisa meningkatkan kemampuan Hero Intiputra yang saat ini sudah beroperasi di berbagai industri, seperti perdagangan, wholesale dan pendistribusian di seluruh Indonesia.

“Bersama dengan Hero Intiputra, kami akan berkolaborasi untuk mencari contoh kasus untuk bisa melakukan implementasi strategi blockchain terutama di perdagangan secara global dan penerapan ritel di Indonesia,” kata Metodius.

Melalui Cardano Project, Emurgo juga berharap bisa membantu perusahaan untuk menerapkan blockchain dan mengembangkan decentralized applications menggunakan perangkat lunak Cardano untuk industri utama.

“Selain dengan Hero Intiputra, kami melihat kolaborasi dengan Senada Group yang memiliki pengalaman terkait dengan sektor energi, sementara dengan Kilau Group untuk industri finansial dan properti,” kata Metodius.

Selanjutnya Emurgo berharap bisa memberikan investasi dan kesempatan kepada startup yang memanfaatkan teknologi blockchain dengan memberikan inkubasi dan mengajak lebih banyak talenta baru untuk memanfaatkan teknologi blockchain agar bisa diterapkan untuk kepentingan masyarakat umum.

“Melalui jaringan bisnis yang Emurgo miliki, Emurgo ingin menimplementasikan teknologi blockchain untuk enterprise, dan secara konsisten menjalin kemitraan komersial menggunakan teknologi Cardano,” tutup Metodius.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter