Teknologi Internet of Things (IoT) saat ini telah menunjukkan peningkatan dalam jumlah layanan, produk dan inovasi. Sudah banyak startup yang sejak awal konsisten menghadirkan layan IoT, seperti eFishery, DycodeX, Cubeacon, eMagic, Fox Logger dan masih banyak lagi. Meskipun terkesan mudah untuk diterapkan, namun hingga kini jumlah startup layanan IoT masih sedikit jumlahnya dibandingkan dengan layanan e-commerce, on-demand hingga financial technology (fintech) di Indonesia.

Salah satu penyebab masih rendahnya jumlah pengembang IoT adalah sulitnya menawarkan hingga menjual produk tersebut ke pasar. Teknologi IoT kebanyakan memiliki fungsi untuk berbagai produk yang berbeda. Contohnya untuk industrial, pertanian hingga home appliance yang memanfaatkan sensor serta solusi untuk monitor. Beragamnya pilihan tersebut menjadi kendala tersendiri bagi layanan IoT untuk memasarkan produknya.

Agar layanan IoT bisa bekerja dengan baik, diperlukan kolaborasi dan koordinasi yang solid, terutama untuk tiga organisasi berikut, yaitu unit bisnis, IT, oprasional/engineering. Jika tiga hal tersebut diterapkan dengan baik, pembeli yang potensial akan tertarik untuk mencoba layanan IoT Anda.

Sebelum Anda meluncurkan produk IoT ke pasar, ada baiknya untuk mencermati 6 hal berikut agar produk Anda nantinya mudah dijual kepada target konsumen.

Memberikan solusi terbaik untuk korporasi

Apakah Anda menjual on-premise atau solusi IOT berbasis SaaS, tentukan dengan jelas posisi IT dan IoT cocok dalam konteks solusi IoT spesifik Anda. Ini akan membantu Anda memahami siapa pembeli utama, pembeli sekunder, peran IT dan berbagai fungsi bisnis lainnya.

Libatkan perusahaan digital, transformasi, dan perusahaan Inovasi

Dalam lingkungan pengadaan desentralisasi untuk solusi IoT, perusahaan dan kantor tersebut memiliki visibilitas dan pengaruh ke banyak inisiatif inovasi lintas fungsional (sering melibatkan kelompok fungsional yang sama dipengaruhi oleh solusi IoT Anda). Dukungan perusahaan tersebut mampu menghemat banyak waktu dan mengarahkan Anda ke arah yang benar.

Promosikan solusi layanan dalam berbagai kegiatan

Teknologi IoT telah memungkinkan semua kegiatan serta rutinitas yang ada menjadi lebih mudah. Agar produk IoT Anda bisa diterapkan dengan baik dan tepat, promosikan berbagai kegiatan terkait yang mampu menunjukkan bahwa IoT merupakan solusi terbaik untuk semua.

Berikan penawaran terbaik kepada pembeli

Solusi layanan IoT saat ini berada di antara IT, unit bisnis dan berbagai fungsi operasi. Pembeli tidak akan memiliki dukungan dan sumber daya untuk mencoba layanan secara langsung. Permudah proses tersebut dengan melakukan pertemuan dan kolaborasi internal. Mengidentifikasi sumber daya, dukungan, dan anggaran yang diperlukan dari tim lain. Menyediakan interface, sampel perjanjian hingga peranan yang sesuai.

Buat rencana penjualan untuk pengadaan (procurement)

Ini adalah keterlibatan penjualan yang lebih kompleks, dan membutuhkan interaksi dengan beberapa organisasi. Ciptakan dan rencanakan sumber daya yang ada dan dukungan sekitar agar siklus penjualan bertahan lama.

Bantu pembeli Anda memahami cara membelinya

Menggunakan proses pengadaan perusahaan dengan cara tradisional saat membeli solusi IOT dari startup tidak efektif, dan hanya akan meningkatkan risiko pembeli. Bantu pembeli potensial Anda dan kembangkan satu set baru praktik pengadaan (procurement) baru saat membeli solusi dari startups.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.