1. Startup

Enam Hal Artificial Intelligence Menarik di Acara SXSW 2017

Mulai dari teknologi AI yang makin banyak digunakan hingga perubahan konsep kolaborasi tim dalam startup

Setiap tahun kegiatan South by Southwest (SXSW) Conference & Festival digelar di Amerika Serikat. Acara bergengsi yang menghadirkan pelaku startup, pakar teknologi hingga mantan presiden Barrack Obama, menjadi ajang yang paling banyak dihadiri oleh penggiat startup secara global.

Artikel berikut ini akan mengupas 6 topik Artifical Intelligence (AI) yang menjadi sorotan di SXSW 2017 lalu, seperti ditulis Co-Founder dan CTO HubSpot Dharmesh Shah.

Kolaborasi tim kreatif dan engineer

Selama ini kebanyakan tim engineer hanya mereka yang selalu sibuk dengan pengembangan produk, sehingga terkesan enggan atau tidak terlalu perlu untuk ikut serta dalam hal kreativitas. Hal tersebut ternyata adalah cara yang salah, seperti yang diperlihatkan oleh John Lasseter, Chief Creative Officer Pixar.

Agar produk memiliki kualitas yang baik, idealnya tim engineer harus diajak ketika tim sedang membuat desain untuk sebuah produk. Jangan pisahkan proses kerja yang ada, mulailah untuk melakukan kolaborasi yang intensif antara tim kreatif dan engineer. Hal yang sama berlaku untuk pengembangan di sektor AI.

B2B akan menjadi percakapan Bot-to-Bot

Jika selama ini fungsi BOT adalah percakapan antara manusia dan Bot saja, nantinya dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence, sesama BOT akan bisa melakukan percakapan secara langsung. Digital assistant nantinya akan melakukan transformasi dengan melakukan integrasi sesama BOT sesuai dengan instruksi atau permintaan yang dibutuhkan oleh pengguna. Teknologi ini memang masih dalam tahap percobaan dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa diimplementasikan.

Pengolahan data

AI assisted search telah mengubah cara kita memahami dan melakukan SEO (Search Engine Optimization). Kata kunci masih menjadi penghalang terbesar saat ini untuk hasil pencarian, tetapi semakin banyak orang yang beralih ke AI assisted search atau percakapan asisten seperti Alexa dan Google Home untuk pencarian online, artinya adalah pengolahan big data.

Berikut adalah 3 poin penting dari Blue Horizon Intel:

  • Pengguna internet rata-rata akan menghasilkan sekitar 1.5GB traffic per hari
  • Satu autonomous car akan menghasilkan sekitar 4,000GB data setiap hari
  • Sebuah smart factory akan menghasilkan sekitar 1,000,000GB data setiap hari

Perusahaan perlu mengantisipasi lonjakan ini dalam hal penggunaan data dengan mencari cara untuk memusatkan data mereka sendiri untuk digunakan dalam cara yang paling efisien.

Fungsi robot yang berbeda

Selama ini keberadaan robot divisualisasikan sebagai teknologi yang menyerupai manusia, baik itu bentuk, cara bicara hingga kebiasaan. Belajar dari acara SXSW 2017, tren robot yang ideal adalah robot yang tidak melakukan hal yang serupa dengan manusia, namun didesain seperti AI untuk manusia. Gerakan, cara bicara, hingga interaksi harus dibuat berdasarkan permintaan dari manusia. Pada akhirnya AI, dalam berbagai tipe, harus bisa mengikuti kerangka yang sederhana untuk melihat, mengetahui, dan berpikir sesuai dengan respon untuk bisa melayani manusia.

Cerita memberikan pengaruh yang positif

Peranan engineer untuk membuat code dan program masih merupakan hal yang penting, namun ke depannya cerita yang baik lebih memiliki pengaruh yang positif untuk kemajuan perusahaan. Untuk itu tim pemasaran dan penjualan, wajib memiliki interaksi dan percakapan yang didukung dengan cerita dan latar belakang informasi yang menarik. Agar cerita bisa ditampilkan lebih menarik bisa memanfaatkan teknologi AI.

Kebangkitan Artificial Intelligence

Hal menarik yang dicermati oleh penulis selama kegiatan SXSW 2017 adalah teknologi AI yang semakin masif diimplementasikan dalam berbagai hal, mulai dari pemasaran, penjualan dan lainnya. AI akan mendorong kemajuan manusia, yang secara langsung akan melengkapi pekerjaan dan rutinitas sehari-hari.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again