Categories

Tips

Enam Hal yang Perlu Dilakukan Startup Sebelum Ekspansi Internasional

Mulai dari pemilihan tim yang solid hingga mempelajari politik, infrastruktur dan regulasi di negara yang dituju

Yenny Yusra - 31 August 2016

Ketika startup telah diluncurkan secara langsung bisa menembus pasar internasional dengan bantuan promosi dan buzzword yang muncul di awal usaha. Namun demikian keuntungan lebih yang didapatkan di masa awal akan mustahil mengalami perkembangan yang baik untuk startup Anda jika memutuskan untuk melakukan ekspansi ke luar negeri. Banyak hal yang mempengaruhi keberhasilan sebuah ekspansi, yang merupakan bagian dari tahap skalabilitas yang bisa berakhir dengan fantastis jika diterapkan dengan tepat.

Perusahaan yang telah sukses melakukan ekspansi ke mancanegara mengetahui dengan jelas metrik apa yang menjadi prioritas untuk kemudian menentukan roadmap untuk rencana melebarkan usaha ke negara lainnya. Faktanya sekitar 25% atau lebih keuntungan bisa dihasilkan perusahaan jika mampu melakukan proses ekspansi dengan mulus. Untuk itu diperlukan langkah yang tepat dan tim yang solid untuk bisa melancarkan rencana tersebut. Artikel berikut ini mengupas enam hal penting jika startup Anda berencana untuk melakukan ekspansi ke luar negeri.

Kerangka ekspansi internasional

Langkah awal yang harus Anda lakukan jika berencana untuk ekspansi internasional adalah membuat kerangka yang tepat. Cermati tiga aspek krusial berikut ini yang merupakan hal yang wajib dilakukan untuk bisa menerapkan rencana yang ada ke depannya.

  • Dasar Penilaian: Memahami pasar dan di mana produk Anda cocok (kekuatan/kelemahan, set kompetitif regional).
  • Kesenjangan produk : Pasar Internasional membutuhkan modifikasi produk (dinamika pengguna, desain, komunikasi).
  • Visi : Apa yang "menjadi internasional" artinya untuk perusahaan Anda harus (menyamakan visi di dewan manajemen, pendiri, tim pimpinan, dan karyawan).

Pasar mana yang paling menarik dan memilih prioritas yang tepat

Sebelum Anda menentukan negara pertama mana yang baiknya dituju, coba cermati terlebih dahulu soal penetrasi mobile, sosial ekonomi yang menguntungkan, lingkungan politik yang stabil, infrastruktur pembayaran yang mudah diakses, regulasi dan pajak (terutama pasar yang familiar dengan bahasa inggris), pendapatan per kapita, dan penetrasi internet di suatu negara. Perhatikan juga populasi yang nantinya bisa menjadi potensi pasar yang menguntungkan untuk layanan atau produk yang akan Anda hadirkan di negara tersebut.

Mengadopsi nilai-nilai kearifan lokal

Pada akhirnya Anda ingin mulai melebarkan usaha di negara yang memiliki regulasi yang tidak terlalu rumit dan industri yang lebih dinamis, akan menjadi sia-sia dan cenderung berakhir sulit untuk berkembang jika Anda memaksakan melakukan ekspansi di negara yang ‘kurang mendukung’ baik dari sisi pemerintah maupun dari sisi pasar. Negara seperti Tiongkok, India, Brasil adalah negara yang cukup sulit untuk menjadi pilihan ekspansi internasional. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengadopsi kearifan lokal dan memperkerjakan pegawai lokal sebagai pimpinan atau Country Manager. Dengan demikian mereka bisa menjadi perwakilan yang tepat untuk perusahaan Anda. Hal tersebut biasanya banyak terjadi di negara Asia seperti Jepang termasuk Indonesia.

Promosi dan branding

Setelah Anda mempelajari seperti apa gaya penjualan dan consumer behaviour di suatu negara, langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah memilih tim yang tepat untuk mulai melakukan pemasaran hingga penjualan. Pilihlah orang lokal yang telah terbiasa dan pastinya berbicara fasih dengan bahasa setempat yang nantinya bisa menjadi wakil dari perusahaan Anda. Yang perlu diperhatikan adalah, orang tersebut merupakan perwakilan langsung dari perusahaan, untuk itu terapkan dengan benar pendekatan yang kasual demi mempromosikan perusahaan dan hindari pendekatan yang langsung menitikberatkan kepada monetisasi.

Memilih tim yang solid

Pada umumnya perusahaan atau startup yang kemudian sukses melakukan ekspansi internasional mengirimkan hanya beberapa orang penting saja dari kantor pusat dalam jumlah yang kecil untuk mulai melakukan kegiatan awal ekspansi. Dengan demikian sebagai langkah awal semua bisa dikerjakan secara multitask hingga waktunya untuk mulai memperkerjakan anggota tim lokal untuk melakukan kegiatan oprasional. Perusahaan harus strategis terkait dengan skala sistematis dari daerah setempat ke sejumlah pasar internasional.

Bersabar dan perkuat model bisnis

Meskipun startup Anda terbilang populer dan sukses di negara asal bukan berarti bisnis model yang saat ini telah dijalankan bakal berakhir sukses di negara lain. Pelajari dengan benar dan yang paling penting bersabarlah ketika waktunya melakukan ekspansi internasional. Jika diperlukan coba teliti kembali kebiasaan serta tren yang terjadi di negara yang dituju, apakah sudah sesuai dengan layanan yang ada. Diperlukan beberapa penyesuaian yang nampaknya diperlukan untuk rencana ekspansi. Ketika waktunya tiba, Anda telah siap untuk semua aspek dan bisa langsung melancarkan rencana ekspansi internasional.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter