1. Startup

Enam Tanda Startup Siap Melakukan Ekspansi

Mulai dari memiliki tim yang solid, dana yang cukup hingga kesiapan untuk menjalankan proses yang panjang dan melelahkan

Startup yang mendapatkan dukungan pendanaan dari investor biasanya akan menggunakannya untuk rencana penumbuhan bisnis. Apakah itu scale-up dalam bentuk ekspansi, penambahan karyawan, pindah ke kantor baru, menambah jumlah produksi hingga ekspansi wilayah layanan secara lokal hingga global. Namun demikian sebelum berencana untuk melakukan ekspansi cermati terlebih dahulu beberapa aspek pendukung. Hal ini penting dilakukan agar proses ekspansi tidak berjalan tergesa-gesa dan pada akhirnya akan tercapai sesuai target.

Artikel berikut ini akan membahas 6 tanda yang bisa menentukan kapan waktu yang tepat startup Anda melakukan ekspansi untuk kepentingan growth startup.

Telah memiliki tim yang solid

Salah satu faktor kesuksesan suatu ekspansi adalah ketika startup telah memiliki tim yang solid dan memiliki kemampuan untuk bekerja dengan baik. Idealnya adalah masing-masing anggota tim bisa dengan sigap dan piawai melakukan eksekusi saat ekspansi dilakukan. Dengan demikian bisnis bisa berjalan dengan stabil didukung oleh talent dan skill dari anggota tim yang dimiliki.

Telah memiliki jumlah pelanggan

Tanda lainnya yang bisa dicermati untuk waktunya melakukan ekspansi adalah ketika produk dari startup Anda telah memiliki pelanggan dalam jumlah yang cukup besar, artinya produk Anda disukai bahkan dibutuhkan secara rutin oleh pelanggan. Dengan demikian menjadi alasan yang tepat ketika perusahaan memutuskan untuk menambah jumlah produksi, memperluas wilayah layanan dan pengiriman dan lainnya.

Menambah inovasi secara rutin

Salah satu potensi yang bisa dikembangkan adalah ketika startup Anda bisa menghadirkan inovasi baru, mulai dari layanan, fitur, sistem pembayaran dan lainnya. Bukan saja bermanfaat untuk pengguna namun juga memberikan produk Anda celah baru untuk mendatangkan profit. Ketika brand sudah populer dan disukai oleh pengguna, apa pun layanan yang diberikan bisa dipastikan akan langsung digunakan oleh pelanggan setia.

Perusahaan mampu menjalankan proses

Yang perlu diperhatikan adalah ketika keputusan untuk melakukan ekspansi dilakukan Anda sebagai founder dan anggota tim harus bersiap menjalankan proses yang panjang dan pastinya melelahkan. Untuk itu dibutuhkan loyalitas, waktu yang lebih, keinginan yang besar serta niat baik untuk bisa menjalankan apa pun proses ekspansi yang dipilih agar bisa berjalan lancar.

Memiliki dana yang cukup

Hal yang satu ini tentunya menjadi krusial yaitu pendanaan. Apakah dana tersebut merupakan simpanan pendanaan startup di tahap awal, modal sendiri atau bootstrapping hingga pendanaan yang didapatkan dari proses penggalangan dana baru. Pastikan Anda memiliki cukup simpanan untuk melakukan ekspansi sekaligus biaya operasional dari perusahaan. Jangan memaksakan dana yang seadanya demi melancarkan kegiatan ekspansi, hal tersebut bisa merugikan jalannya bisnis untuk jangka panjang.

Capai target yang ditetapkan

Banyak startup yang enggan untuk mewujudkan target yang ingin dicapai ketika ekspansi dilakukan. Salah satu faktor kesuksesan dari proses ekspansi adalah ketika startup Anda bisa mencapai target yang ingin diraih. Apakah itu akuisisi jumlah pelanggan, jumlah unduhan aplikasi, trafik di situs dan lainnya. Pastikan proses ekspansi tersebut bisa disertai dengan dicapainya target yang ditentukan oleh perusahaan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again